IM.com – Upaya TNI dalam membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah binaan terus dilakukan oleh Koramil jajaran Kodim 0815 Mojokerto, tidak terkecuali Koramil 0815/11 Pungging yang diwujudkan dalam bentuk pembuatan jamban keluarga bagi keluarga pra sejahtera.

Pembuatan jamban keluarga sejumlah 20 unit dikerjakan melalui Program Bakti TNI “Gema Sang Juara” mengusung tema “Melalui Karya Bhakti TNI Satkowil, Kita Wujudkan Lingkungan Yang Sehat, Bersih Dan Nyaman Guna Meningkatkan Derajat Kesehatan Dan Kesejahteraan Masyarakat Serta Ruang, Alat Dan Kondisi Juang Secara Dini Untuk Kepentingan Pertahanan Negara”.

Sejumlah 20 unit jamban keluarga tersebut, tersebar di lima Desa antara lain Desa Purworejo 5 Unit, Desa Curahmojo 4 Unit, Desa Sekargadung 3 Unit, Desa Mojorejo 2 Unit dan Desa Tunggalpager 6 Unit. Dalam pelaksanaannya dilakukan anggota TNI dari Koramil 0815/11 Pungging dibantu warga setempat sejak Mei lalu.

Secara terpisah, Danramil 0815/11 Pungging Kapten Inf Mujiono saat dikonfirmasi Rabu (14/06/2017), menyampaikan, Koramil 0815/11 Pungging mulai merealisasikan gerakan pembuatan jamban keluarga sejak 18 Mei 2017 lalu dan pada Sabtu (03/06/2017) minggu lalu berhasil merampungkannya.


Lanjut Danramil, program ini merupakan Karya Bakti TNI yang bertujuan untuk membantu menciptakan lingkungan bersih dan pemukiman sehat. Ditambahkan Danramil, pembangunan jamban dan septic tank sejumlah 20 unit khusus untuk keluarga pra sejahtera di 5 Desa di wilayah Kecamatan Pungging namun tidak menutup kemungkinan akan adanya penambahan titik pembangunan yang memang layak dan tepat sasaran.

“Kerjasama yang baik dan sinergi antara Pemerintah Kecamatan Pungging, TNI dan masyarakat merupakan kunci dari keberhasilan program ini“. Pungkas Danramil.

Menurut Luqman (60 tahun) warga Dusun Purworejo RT 10 RW 02 Desa Purworejo, salah satu warga penerima bantuan program jamban mengatakan, dirinya sangat bersyukur dan terima kasih kepada TNI melalui Koramil Pungging telah memberikan bantuan pembuatan jamban keluarga disaat Ia dan keluarganya membutuhkan fasilitas tersebut.

Ia berharap, karya bakti TNI ini dapat terus berjalan dengan sasaran pembangunan bidang lainnya terhadap keluarga prasejahtera, demi peningkatan kesejahteraan dan kesehatan. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here