Babinsa Koramil Ngoro dan PPL mengecek kondisi lahan pertanian yang diserang hama WBC di wilayah Kecamatan Ngoro

IM.com – Masih dalam suasana lebaran, namun kegiatan pendampingan ketahanan pangan tetap berlangsung. Seperti dilakukan Babinsa Purwojati Koramil 0815/12 Ngoro Kodim 0815 Mojokerto Sertu Abdul Manan melakukan pengecekan hama Wereng Batang Coklat (WBC) di lahan pertanian Dusun Sirno dan Dusun Ngijingan Desa Purwojati Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto, Senin (03/07/2017).

Babinsa Purwojati Sertu Abdul Manan turun langsung bersama Koordinator PPL Kecamatan Ngoro Pa’I Haranto, SP., didampingi Ketua Poktan Dusun Sirno, Sanaji dan anggota Poktan mengecek ke area seluas 9 Ha yang dikelola Poktan Dusun Sirno, menemukan setidaknya seluas 0,14 Ha tanaman padi terdampak serangan hama WBC.

Tidak jauh berbeda, di area pertanian yang dikelola Poktan Dusun Ngijingan seluas 7 Ha juga tidak luput dari serangan hama WBC dan yang terdampak luasnya sama sekitar 0,14 Ha. Tampak Ketua Poktan Dusun Ngijingan, Kasdi bersama anggota Poktan setempat turut terjun di lokasi yang terdampak WBC.

Akibat serangan hama WBC tersebut, batang padi menjadi kering dan tampak seperti terbakar karena cairan sel tanaman dihisap oleh WBC, apabila tidak segera dilakukan penanganan maka akan lebih parah dan areanya akan semakin meluas hingga menyebabkan produktifitas pertanian murun bahkan bila parah dapat menyebabkan puso.


Salah satu penanganannya melalui penyemprotan insektisida salah satunya dengan menggunakan Applaud 10WP dan Plenum. “Namun untuk padi yang sudah menguning dapat dilakukan dengan cara panen lebih awal,” ujar Koordinator PPL Kecamatan Ngoro, Pa’i Haryanto. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here