Ibu-ibu di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto ini tenggah menggembangkan minuman secang. Minuman yang berasal dari bahan rempah-rempah ini, dipercaya mempunyai banyak manfaat diantaranya menambah stamina.

IM.com – Sejumlah ibu-ibu di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto ini tenggah menggembangkan minuman secang. Minuman yang berasal dari bahan rempah-rempah ini, dipercaya mempunyai banyak manfaat diantaranya menambah stamina.

Ada sejumlah bahan rempah-rempah yang harus disiapkan untuk membuat minuman secang. Diantaranya, jahe, sere, daun pandan, kayu manis, kapulaga, gula dan air. Semua bahan tersebut bisa dengan mudah didapat di pasar tradisional dan cara membuatnya cukup mudah.

Semua bahan tersebut dimasukkan ke dalam air yang telah mendidih. Setelah semua bahan dimasukkan, tunggu sekira 10 menit kemudian saring. Minuman secang bisa disajikan baik panas maupun dingin dan cocok dikonsumsi saat malam hari ditemani sejumlah makanan ringan lainnya.

Istikaroh menjelaskan, minuman secang merupakan minuman yang berasal dari bahan rempah-rempah. “Untuk membuatnya, ada takarannya. Jahe 1/4 kg, kayu ssecang 1 ons, sere 3 batang, daun pandan 3 lembar, kayu manis 3 batang, kapulaga 1/2 ons, gula 1 kg atau menurut selera dan air 10 liter,” ungkapnya, Selasa (25/7/2017).


Namun sebelum direbus, semua bahan dibersihkan terlebih dahulu. Dari sejumlah bahan tersebut, untuk jahe diparut, sedangkan untuk sere digebrak, sementara lainnya cukup dipotong-potong saja. Dengan takaran bahan-bahan tersebut bisa menghasilkan 15 botol air mineral isi 500 ml.

“Untuk memasukkan ke dalam botol sebaiknya tunggu dingan agar botol tidak melepuh dan lebih baik lagi didinginkan selama semalam. Minuman ini, jika dibiarkan tanpa masuk lemari pendingin hanya tahan dua hari saja tapi jika dimasukkan ke lemari pendingin, tahan sampai satu minggu,” katanya.

Menurutnya, minuman secang banyak manfaatnya. Diantaranya menghangatkan tubuh, mengusir rasa ngantuk, menurunkan darah tinggi dan menyegarkan tubuh dan meningkatkan stamina. Satu botol minuman secang dijual dengan harga Rp7,5 ribu per botol.(ning/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here