Sekitar 100 siswa perwakilan dari SMA, SMK Negeri dan swasta hadir dalam pembekalan wawasan kebangsaan

IM.com – Kodim 0815 Mojokerto bersama Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Mojokerto mengembankan ajaran wawasan kebangsaan kepada kalangan SMA dan SMK Kota Mojokerto. Kegiatan tersebut digelar di Gedung PKK Jalan Hayam Wuruk.

Sekitar 100 siswa perwakilan dari SMA, SMK Negeri dan swasta hadir dalam pembekalan tersebut.Kasdim 0815 Mojokerto Mayor Inf Nuryakin mengulas sejarah bangsa Indonesia dari masa ke masa.

“Posisi Indonesia yang sangat strategis, berpotensi datangnya berbagai ancaman melalui proxy war atau perang yang memanfaatkan berbagai aspek berbangsa dan bernegara seperti peredaran narkoba, faham radikal, penetrasi budaya asing,” tuturnya.

Upaya untuk menghadapi proxy war tersebut, salah satunya melalui penguatan dan pemantapan wawasan kebangsaan yang harus kita tanamkan sejak dini pada diri generasi muda bangsa, sehingga generasi muda memahami sejarah bangsa, nilai-nilai yang terkandung dalam wawasan kebangsaan.

Diantaranya nilai-nilai luhur Pancasila, sikap cinta tanah air, semangat bela negara dan empat konsensus dasar berbangsa dan bernegara yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. “Penguatan nilai-nilai wawasan kebangsaan harus totalitas dilakukan ke semua lini terutama generasi muda bangsa yang kelak akan memegang estafet kepemimpinan di NKRI”, tegas Kasdim.

Sebelum mengakhiri materinya, Kasdim 0815 Mojokerto mengajak para siswa untuk memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dengan tetap memelihara azas Bhinneka Tunggal Ika serta memperkokoh semangat persatuan demi Keutuhan NKRI. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here