Sosialisasi meningkatkan derajat kesehatan jiwa; meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan jiwa

IM.com – Sebagai upaya meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan jiwa, Puskesmas Gedongan Kota Mojokerto melakukan sosialisasi penanganan dan pembentukan kader kesehatan jiwa di aula Kelurahan Balongsari diikuti 55 orang, Selasa (17/10/2017).

Staf Puskesmas Gedongan, Siswoyo menerangkan, derajat kesehatan masyarakat dipengaruhi oleh empat faktor yang saling berinteraksi yaitu lingkungan, perilaku, keturunan (genetika) dan pelayanan kesehatan.

Tujuan sosialisasi tersebut adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan jiwa; meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan jiwa.Juga untuk menurunkan angka penderita gangguan jiwa,

Babinsa Balongsari Koramil 0815/19 Magersari Kodim 0815 Mojokerto Serma Sofiul mengikuti sosialisasi tersebut bersama sekretaris Kelurahan Balongsari Agus Mariyanto, pemuka masyarakat, jajaran ketua RW/RT, serta kader Kesehatan dan undangan.


Penyuluh Kesehatan Puskesmas Gedongan juga menegaskan agar para kader kesehatan harus lebih peduli dan konsisten terhadap lingkungan sekitar dengan melakukan deteksi dini dan memantau perkembangan warganya.

Oleh sebab itu, setiap warga yang mendapat gangguan jiwa memiliki hak yang sama dengan warga yang lain di lingkungannya. Demikian pula untuk lansia diharapkan setiap bulan cek.(dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here