Ratusan peserta dari perguruan di Jawa Timur menunjukan kemampuan di arena laga di Piala Funakhosi Pengda Jatim

IM.com – Kejuaraan karate antar pelajar Piala Funakhosi Pengda Jatim 2017 mendapat animo positip dari atelit karate Jawa Timur. Sedikitnya 800 peserta dari perguruan di Jawa Timur menunjukan kemampuan di arena laga di GOR Gajahmada Mojosari, Mojokerto, Sabtu (11/11-2017) siang.

Piala Funakhosi Pengda Jatim yang memiliki gengsi bagi para atelit karate membuat para perguruan karate menerjunkan atelit handalnya. Ini terlihat dari para atelit yang kerap meraih juara di pelbagai kejuaraan tingkat Jatim bahkan nasional pun diterjunkan untuk bisa mengibarkan bendera kemenangan bagi perguruan.

Salah satu di antara atelit handal yang diterjunkan perguruan adalah Endilia Rohmala Devi. Jagoan handal dari Inkado Jatim asal Mojokerto ini kerap meraih juara di kelas Kata maupun Kumite. Prestasi gemilang juga kembali ditunjukkan Endilia Rohmala Devi pada kejuaraan Piala Funakhosi Pengda Jatim 2017.

Dengan kemampuannya Endilia Rohmala Devi mampu menempatkan prestasi dirinya sebagai juara 1 Kumite Kelas Pra Pemula 35 Kg Putri, Juara 3 Kata Perorangan Kelas Pemula Putri dan Juara 1 Kata Beregu Kelas Pemula Putri.


Endilia Rohmala Devi yang didampingi orang tuanya mengatakan kejuaraan karate Piala Funakhosi Pengda Jatim kali ini cukup berbobot. Ia mengaku para atelit yang tampil cukup tangguh dan memiliki jam terbang tinggi sebagai atelit yang telah banyak mengikuti kejuaraan.

“Cukup tangguh atelit yang ikut di kejuaraan ini. Sehingga saya harus lebih fokus dan konsentrasi dalam menunjukkan kemampuan saya di hadapan para juri,” tuturnya seraya bersyukur bisa meraih prestasi gemilang.

Sementara Samsul Muarif Panitia Penyelengara sekaligus pengurus DPC Funakhosi Mojokerto menjelaskan dalam kejuaraan ini ada 90 kelas yang dipertandingkan terdiri dari Kelas Kata dan Kumite beregu maupun perorangan. “ Kelas tersebut diikuti mulai atelit pemula, yunior hingga senior dari 6 perguruan besar yang ada di Jawa Timur,” jelasnya.

Samsul Muarif juga bangga melihat keikutsertaan para atelit Mojokerto yang mendominasi dalam kejuaraan yang kesekian kali diselenggarakan Funakhosi di Mojokerto. “ Selain peserta dari perguruan Funakhosi yang paling banyak ikut, ternyata peserta dari Mojokerto juga cukup banyak yang ikut dalam even ini,” tuturnya bangga.

Respon positif yang kian meningkat dari para atelit dengan gelaran kejuaraan karate ini menjadi bahan evaluasi Funakhosi untuk mengemas even yang lebih besar lagi. “ Semua ini kami lakukan untuk perkembangan para atelit karate dan memunculkan atelit karate yang handal sehingga bisa mengharumkan nama perguruan dan daerahnya. Apalagi bisa meraih prestasi di tingkat nasional. Itu sebuah kebangaan kita bersama,” tandasnya.

Sementara Jainul Arifin Kabid Olahraga Disparpora Kabupaten Mojokerto yang mensuport kejuaraan karate Piala Funakhosi Pengda Jatim 2017 mengaku bangga melihat animo peserta yang sangat luar biasa. Ia berharap kegiatan positip ini mendapat dukungan dari pihak lain seperti dalam even ini yang mendapat suport dari Samudra Elektronik dan Samudra Trans.

“ Ini kegiatan sangat positip khususnya bagi generasi muda. Ayo kita dukung agar para pemuda bisa menunjukkan kemampuannya secara positip dan bisa membanggakan bagi bangsa,” tandasnya.(uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here