Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman bersama istri dan didampingi Danrem 082/CPYJ Kolonel Kav Gathut Utomo memotong tumpeng sebagai rasa syukur renovasi Pendopo Agung Trowulan yang mendapat kucuran dana hibah dari Pemprov Jatim telah selesai

IM.com – Panglima Kodam V Brawijaya Mayor Jendral TNI Arif Rahman meresmikan renovasi Pendopo Agung Trowulan pada, Minggu (17/12-2017) malam dalam sebuah acara Sarasehan HUT ke 69 Kodam V Brawijaya dan Hari Juang Kartika yang dihelat di Pendopo Agung Trowulan Kabupaten Mojokerto.

Mayor Jendral TNI Arif Rahman, berpesan kepada Korem 082/CPYJ untuk bisa merawat dan memanfaatkan Pendopo Agung yang telah direnovasi dengan anggaran Rp 7 miliar lebih. Pemanfaatan Pendopo Agung yang terbuka untuk umum itu bisa sebagai wisata religi dan edukasi sejarah Kerajaan Majapahit.

Pangdam V Brawijaya mengucapkan sangat berterima kasih kepada Gubenur Jatim yang telah mengucurkan dana hibah untuk renovasi Pendopo Agung. Dan hasil renovasi, kata Pangdam sudah sangat bagus.

Bagunan Pendopo Agung yang memiliki nilai sejarah tinggi ini menurut beberapa literatur didirikan tahun 1964 – 1973 Kodam V/Brawijaya. Sejarah Pendopo Agung, semasa Kolonel Inf Sampurno selaku Komandan Brigif Kediri yang saat itu melaksanakan Gerilya mendapat wangsit untuk datang ke Kota Majapahit.


Trowulan merupakan simbol / puser tanah Majapahit supaya di buat kumpul para petinggi TNI untuk menyusun strategi tempatnya di pendopo Agung ini. Kemudian pada tahun 1966 pernah dilaksanakan peletakan batu pertama namun karena sudah 51 tahun Pendopo Agung ini berdiri dan belum pernah dipugar.

Sementara renovasi dilakukan terakhir kali 22 tahun lalu. Kini renovasi Pendopo Agung kembali dilakukan pada tahun 2017. Peletakan batu pertama dilakukan Pangdam V/Brawijaya, Mayor Jenderal TNI I Made Sukadana pada Kamis (16/03-2017). Dandim 0815 Mojokerto Letkol Czi Budi Pamudji mendapat mandat mengawal proses renovasi.

Dalam paparan renovasi Pendopo Agung yang memiliki luas 39 x 39 meter persegi itu melputi atap sirap, tambal sulam rangka atap kayu jati, lantai marmer, lampu ornamen, plituran, instalasi listrik dan taman.

Sementara, rehab bangunan pendukung meliputi rehap patung Patih Gajah Mada, aula dan gudang, monumen Paku Gajah, MCK umum dan VVIP, ruang transit, mushalla, genset, juga ada tembok pagar keliling menggunakan bata pres. Pembangunan 20 kios juga disertakan, mengingat daya tarik wisata situs Trowulan yang sangat baik.

Guna mendukung pemanfaatan yang maksimal sebagai ruang publik wisata religi dan edukasi, Kodam V Brawijaya melalui jajaran dibawahnya seperti Korem 082/CPJY dan Kodim 0815 Mojokerto akan lebih giat mengenalkan melalui pelbagai kegiatan.

Kegiatan yang telah dilakukan dan menjadi agenda rutin dengan melibatkan banyak masyarakat yaitu kegiatan olahraga bersepeda dan lomba lari 10K. “ Nanti pada 14 Januari akan dilaksanakan bersepeda dari delapan penjuru mata angin,” tandas Pangdam V Brawijaya seraya menambahkan tidak menutup kemungkinan pada even kedepan diselenggarakan kegiatan pameran alusista termasuk lomba drumband. (uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here