IM.com – Puncak peringatan HUT Ke-72 Kodam V/Brawijaya dilaksanakan secara sederhana dalam bentuk kegiatan Sarasehan yang diselenggarakan di Pendopo Agung Mojopahit yang berlokasi di Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Rabu, (16/12/2020).

Hadir pada acara kegiatan tersebut, Pangdam V/Brw Mayjen TNI Haryanto S.Sos., M.M, Mayjen TNI (Purn) Widodo Iryansyah, S.Sos.,M.M, Kasdam V/ Brw Brigjen TNI Agus Setiawan, S.E, Irdam V/ Brawijaya, Brigjen TNI Arie Subekti, S.A.P,  Kapoksahli Pangdam V/ Brw Brigjen  TNI Yoyok Bagus Budianto, P.Sc.,M.A.,M.Sc, Danrem Tipe “A” 084/BJ Brigjen TNI Herman Hidayat Eko Atmojo, Ketua Persit KCK PD V Brawijaya Ibu Uke Suharyanto beserta pengurus, Para Danrem Jajaran Kodam V/Brawijaya, Danrindam V/Brawijaya, Para Asisten dan Kabalakdam V/Brawijaya, Danbrig 16/WY, para Dandim dan para Danyon jajaran Kodam V/Brawijaya.

Dikarenakan saat ini Bangsa Indonesia belum terbebas dari pandemi Covid-19, kegiatan sarasehan tahun ini dilaksanakan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

“Salah satu tujuan dilaksanakan kegiatan sarasehan ini adalah sebagai ajang silaturahmi dengan para Sesepuh Kodam V/Brawijaya. Dari para Sesepuh inilah kita akan menerima wejangan dan arahan dari para sesepuh Kodam V/Brawijaya agar seluruh prajurit Bhirawa Anoraga dapat melaksanakan tugas dan pengabdian terbaik bagi negara dan bangsa Indonesia yang kita cintai,” ujar Pangdam dalam sambutannya.


“Kepemimpinan Raja Brawijaya patut kita teladani bersama. Kita ketahui, Prabu Brawijaya sangat disegani oleh para raja-raja lainnya atas kegigihan dan ketangguhannya. Selain dikenal dengan ketangguhannya, Prabu Brawijaya juga mampu mempersatukan seluruh wilayah Nusantara. Iitulah sebabnya nama besar Prabu Brawijaya dijadikan simbol Kodam V/Brawijaya,” jelas Pangdam lebih lanjut.

Di kesempatan yang sama Mayjen TNI (Purn) Widodo Iryansyah selaku sesepuh Kodam V/Brawijaya memberikan   wejangan dan arahan kepada Prajurit Brawijaya yang saat ini masih aktif. Mayjen TNI (Purn) Widodo Iryansyah menyampaikan, sejarah penyatuan nusantara yang dicatat dengan tinta emas dalam sejarah nusantara. Negara Indonesia sekarang pun terinspirasi dari kebesaran Majapahit.

“Nama Brawijaya adalah suatu dinasti kerajaan Majapahit yang telah berhasil mempersatukan wilayah Nusantara dan menjadikan Majapahit sebagai kerajaan yang mampu mencapai kejayaan yang gemilang. Dengan demikian sifat-sifat kepemimpinan, keperwiraan dan keprajuritan yang dimiliki Raja Brawijaya dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada prajurit Kodam V/Brawijaya dalam pengabdiannya kepada bangsa dan negara. Pelestarian nilai-nilai dan semangat kejuangan Raja Brawijaya yang mampu mempersatukan nusantara serta selalu dekat dan bersama-sama dengan rakyatnya diharapkan dapat menjadi contoh dalam sikap maupun perilaku setiap prajurit Kodam V/ Brawijaya,” harap Mayjen TNI (Purn) Widodo.

Sementara Danrem 082/CPYJ Kolonel Inf M. Dariyanto selaku tuan rumah mengatakan latar belakang dipilihnya kegiatan sarasehan sebagai kegiatan puncak peringatan ke-72 HUT Kodam V/Brawijaya. “Puncak peringatan ke-72 HUT Kodam V/Brawijaya dilaksanakan di Pedopo Agung Mojopahit Trowulan dikarenakan adanya wabah Covid-19. Bila pada tahun-tahun sebelumnya, peringatan HUT Kodam V/Brawijaya dilaksanakan dengan melibatkan prajurit dan masyarakat dalam jumlah besar, untuk tahun ini hanya dilaksanakan dalam bentuk kegiatan sarasehan yang sederhana dan bersifat kegiatan internal,” ujar Danrem. (penrem 082)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here