Pengambilan Sumpah oleh Camat Ngoro dalam Pengukuhan Pengurus Karang Taruna Kecamatan Ngoro Masa Bhakti 2017-2022

IM.com – Camat Ngoro, M. Hidayat, SH., MH. melantik dan mengukuhkan pengurus Karang Taruna (Kartar) Kecamatan Ngoro untuk masa bhakti 2017-2022 di pendopo kecamatan pada pada Rabu (24/01-2018) Meski tak semua pengurus dapat mengikuti acara di pendopo kecamatan, namun pelantikan berjalan lancar dan sangat hikmat.

Acara pengukuhan dan pelantikan Kartar Kecamatan Ngoro ini, dihadiri lebih dari 64 orang. Mereka terdiri dari jajaran kepala desa se-kecamatan Ngoro, forpimcam, dan alumnus Kartar Ngoro. Tampak pula hadir Kabid Kartar Dinsos, Rakhmad, beserta beberapa TKSK, PKH, dan Tenaga Pendamping Desa.

“Pengurus kartar harus mampu menjalankan fungsinya, sebagaimana termaktub dalam Permensos 23 tahun 2013. Kartar adalah bagian penting dalam meningkatkan kesejahteraan sosial, utamanya di kalangan generasi muda,” ujar Rakhmad saat memberikan sambutan.

Sementara itu, Dayat, sapaan karib Camat Ngoro, dalam sambutannya menyatakan optimistisnya dengan kepengurusan Kartar sekarang. Mengingat di dalam struktur kepengurusan, banyak generasi muda potensial yang dapat diandalkan dibidang masing-masing. Sehingga diharapkan para aktivis kartar mampu menjadi agent of change.


“Ngoro sudah pernah membuktikan kualitas kartarnya. Setidaknya Desa Sedati masa Abah Manan dan Watesnegoro masa Mas Nurkholis. Kedua kartar itu pernah menjadi juara pembinaan kartar Jawa Timur. Pengurus kartar sekarang harus lebih mampu untuk berkiprah dalam turut serta mendukung program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan sosial,” ujarnya.

Sedangkan Ketua Kartar Kecamatan Ngoro yang dilantik dan dikukuhkan, Eko Sutrisno (38), menyatakan bila dirinya beserta pengurus, sangat menyadari akan tugas dan tanggungjawab sebagai pengurus kartar. Atas dasar itu, maka dirinya berharap agar seluruh pengurus mampu mengeksplorasi potensi diri mereka dalam kepengurusan dan kiprah kartar Kecamatan Ngoro.

“Saya yakin segenap pengurus kartar saat ini memiliki banyak potensi. Oleh karenanya, pada rapat kerja mendatang, saya harap rekan-rekan pengurus sudah memiliki program kerja andalan. Jejaring sosial perlu juga dikembangkan agar lebih masif untuk support kegiatan kartar. Tentunya dukungan segenap elemen pemerintah dan masyarakat juga menjadi orientasi penting dalam mengoptimalkan kiprah dan peran strategis kartar,” ucapnya.

Motivasi lain datang dari Sanad dan Abah Manan, keduanya adalah anggota MPKT Kartar Kecamatan Ngoro. “Heterogenitas potensi pengurus Kartar Kecamatan Ngoro saat ini, menjadi sebuah harapan bagi generasi muda. Potensi mereka sangat bagus dan harus dikristalisasi dalam bentuk program kerja. Saya yakin, teman-teman pengurus sekarang lebih memiliki pola pikir konstruktif dalam menggerakkan roda pemberdayaan generasi muda,” kilah Sanad.(use/uyo)

Suasana Pengambilan Sumpah oleh Camat Ngoro dalam Pengukuhan Pengurus Karang Taruna Kecamatan Ngoro Masa Bhakti 2017-2022

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here