IM.com – Selain terus menjaga suasana aman dan nyaman, Gubernur Jawa Timur Soekarwo juga berharap kepada jajaran Kodam V Brawijaya ikut berperan dalam meningkatkan sektor pertanian. Utamanya mewujudkan swasembada pangan melalui pemanfaatan sumber daya sesuai kapasitas yang dimiliki.

Sebab, pencapaian swasembada pangan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pernyataan itu disampaikan Gubernur Jatim saat menghadiri Rapim Kodam V/Brawijaya TA 2018 di Balai Prajurit Kodam V/Brawijaya Surabaya, Selasa (20/2-2018) siang.

Peran tersebut, lanjut Gubernur Jatim sesuai dengan perintah Presiden RI saat Apel Dandim-Danrem 2014 di Pangkalan Bun Kalimantan Tengah terkait keterkaitan TNI AD dalam program Upaya Khusus (Upsus) untuk percepatan swasembada pangan.

Diingatkan Gubernur Jatim dalam mengelola pertanian hendaknya dilakukan dengan inovasi yang memberikan nilai tambah bagi petani. Pertimbangannya, jumlah petani di Jatim mencapai sebesar 29,69 persen dari struktur tenaga kerja Jatim, sedangkan kontribusi sektor pertanian terhadap PDRB hanya sebesar 12,08 persen.


Rapim yang bertema “Dengan Dilandasi Jiwa Kesatria, Militan, Loyal, Profesional, Modern dan Kemanunggalan dengan Rakyat Kodam V/Brawijaya Siap Melaksanakan Tugas Pokok TNI AD” diikuti sebanyak 121 orang oepala satuan di jajaran TNI AD di Jatim, diantaranya para komandan korem dan komandan kodim di Jawa Timur. (kim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here