Bupati MKP didampingi istri mengajak kembali kesadaran warganya tidak membuang sampah sembarangan di acara Hari Sampah Nasional yang dipusatkan di wisata Pacet

IM.com – Peringatan Hari Sampah Nasional (HSN) 2018 di Kabupaten Mojokerto dipusatkan di bundaran wisata Pacet, Minggu (25/02-2018) pagi. Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa (MKP) mengajak semua pihak memiliki kesadaran dengan mengubah perilaku yang lebih ramah lingkungan.

Salah satu problem mendasar namun acapkali disepelekan yakni pengelolaan sampah. Membangun kesadaran dan kepedulian masyarakat sangat penting. Melalui kegiatan 3 R (Reduce, Reuse, Recycle), menjadi upaya Pemerintah Kabupaten Mojokerto dalam peningkatan layanan pengelolaan sampah.

Kegiatan 3 R ini kata Bupati MKP sangat penting. Yakni memilah, mengkompos dan mendaur ulang sampah secara berkesinambungan. Pilah, Kompos dan Daur Ulang dan menggalakan pengolah sampah dari sumbernya sehingga memperpanjang umur tempat pembuagan akhir (TPA). Karena sampah terbuang di TPA adalah benar-benar sampah yang tidak dibuat kompos atau didaur ulang.

“Tanggung jawab pengelolaan sampah sejatinya bukan hanya kewajiban pemerintah saja, namun tanggung jawab semua. Jangan segan menegur siapapun yang buang sampah sembarangan dan membakarnya,” tegas Bupati MKP didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mojokerto, Ikfina Kamal Pasa.


Sementara, puncak kegiatan HSN di Kabupaten Mojokerto mengusung tema “Sayangi Bumi Bersihkan dari Sampah”. Sejumlah kegiatan antara lain senam bersama yang diikuti seluruh peserta lomba dan warga sekitar, jalan santai sambil bersih-bersih sampah di sepanjang rute 2,5 kilometer lomba kumpul pilah sampah dari Bank Sampah di 18 kecamatan serta lomba atribut daur ulang sampah.

Hadir mendampingi bupati dalam acara ini antara lain Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mojokerto, Ikfina Kamal Pasa, Ketua Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Mojokerto, Yayuk Ismawati, Kepala OPD serta camat. Termasuk Danramil 0815/16 Pacet Kapten Inf Suparno. (uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here