Cara Pengubinan
Petugas penyuluh lapangan (PPL) menganjukan pemilik sawah untuk dilakukan pengubinan untuk mengetahui hasil panen

IM.com – Agar bisa memprediksi hasil jerih payah yang dilakukan petani, petugas penyuluh lapangan (PPL) menganjukan pemilik sawah untuk dilakukan pengubinan. Pengubinan merupakan istilah untuk mengambil contoh di area 2,5×2,5 kemudian diteliti spesifikasi padi dan bobotnya, dari situ baru memperkirakan hasil produksi ada luasan sehektar.

Seperti yang dilakukan PPL Dlanggu, Supramonorini dan tim, Anik Sulistyas, PPL Kedung Lengkong serta Babinsa Kedung Lengkong Serma Agus Sunaryo di lahan seluas 0,175 hektar atau 1.70 meter2, milik Wasit, Poktan Tani Mulyo, Dusun Lengkong yang mengunakan varietas Ciherang, Selasa (27/03/2018).

Meski area yang diteliti hanya 170 m² namun hasil pengubinan tersebut bisa dijadikan bahan estimasi pada yang dikelola Kelompok Tani Mulyo yang luasnya berhektar-hektar. Berdasar pendataan didapati spesifikasi padi berikut; panjang malai 23cm, jumlah bulir 190, jumlah anakan 15, jumlah rumpun 143 dengan berat gabah 4,5 Kg. Hitungan tersebut kemudian diproyeksikan pada area satu hektar diperkirakan akan menghasilkan padi 7.200 Kg atau 7,2 ton.

Proses pengubinan itu juga dihadiri oleh anggota Koramil 0815/14 Dlanggu Serma Asmandono, Serda M. Sholeh, Kopka Robert Ndo dan anggota PPL dari BPP Dlanggu serta ketua Kelompok Tani Mulyo. (dim/uyo)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here