Sistem transaksi tol terbuka (sistem terbuka) dan sistem transaksi tol tertutup (sistem tertutup).

IM.com – Akses jalur kendaraan masuk dan keluar dari Surabaya semakin gampang dan nyaman setelah adanya jalur tol yang menghubungkan ibukota Jawa Timur. Salah satunya jalur tol Surabaya – Mojokerto (Sumo) dan Jombang – Mojokerto (Jomo).

Apalagi pembayaran untuk melewati jalur tol semakin praktis yakni membayar tol menggunakan uang elektronik (Unik). Meski penerapannya dilakukan secara bertahap dan mengalami beberapa kendala, masyarakat kini mulai terbiasa.

Namun banyak yang belum paham bahwa setiap tol memiliki sistem transaksi yang berbeda. Hal ini tentunya mempengaruhi cara transaksi Unik. Sistem transaksi tol dibagi menjadi dua, yakni sistem transaksi tol terbuka (sistem terbuka) dan sistem transaksi tol tertutup (sistem tertutup).

Nah, bagaimana cara membayar tol menggunakan Unik di system tertutup, begini caranya,


*Pada gerbang tol masuk:*
1. Siapkan Unik. Pastikan saldo Anda cukup.
2. Tempelkan Unik ke _reader_ pada gardu untuk pembacaan asal gerbang, golongan kendaraan, dan saldo uang elektronik. Petugas/GTO akan memberikan struk tanda masuk (khusus di gerbang tol Mojokerto Barat, Jombang dan Bandar).
3. Jika proses pembacaan berhasil, maka palang akan terbuka.
4. Silahkan tinggalkan gerbang tol.

Lantas bagaimana pada gerbang tol keluar, maka yang harus dilakukan yakni
1. Siapkan Unik yang sama dengan yang ditempelkan di gerbang masuk.
2. Tempelkan Unik ke _reader_ untuk pembayaran tol.
3. Jika proses pembacaan berhasil, maka palang terbuka. Petugas/GTO akan memberikan struk tanda terima yang berisi waktu keluar kendaraan, data asal gerbang, golongan kendaraan, tarif tol dan saldo Unik setelah transaksi (khusus gerbang tol Mojokerto Barat, Jombang dan Bandar).
4. Lanjutkan perjalanan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here