Dua pemain andalan Timnas U-23, Stefano Lilipaly dan Beto Gonzalves merayakan gol ke gawang Taiwan pada laga perdana Grup A Asian Games.

IM.com – Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi ujian sesungguhnya di Asian Games 2018 ketika meladeni Palestina dalam laga lanjutan Grup A di Stadion Patriot Candrabhaga, Rabu (15/8/2018). Duel sengit ini yang digelar akan disiarkan langsung SCTV pukul 19.00 WIB.

Pelatih Timnas U-23, Luis Milla harus memikirkan strategi dengan cermat menghadapi pemuncak klasemen Grup A. Karena di saat yang sama, pelatih asal Spanyol itu harus menjaga kebugaran para pemain mengingat jadwal ketat di turnamen bergengsi se-Asia ini.

“Ini turnamen yang sangat ketat dan waktu pemulihan kondisi sedikit. Jadi, seperti di pertandingan-pertandingan sebelumnya termasuk kala di SEA Games 2017, kemungkinan komposisi pemain akan diubah,” kata asisten pelatih Bima Sakti, Selasa (14/8).

Milla tak mau terlalu beresiko meski ia memastikan skuat Garuda Muda dalam keadaan bugar jelang bentrok lawan Palestina. Selain melakukan rotasi pemain, mantan pemain primavera Indonesia itu memastikan akan menjajal strategi false nine kontra Palestina.


“Ada kemungkinan menggunakan pemain dengan peran sebagai false nine,” sambungnya.

Perubahan strategi ini salah satunya akan mengubah komposisi lini depan Merah Putih yang sebelumnya bertumpu kepada Beto Goncalves. Rotasi pemain dijalankan sembari mengatur strategi dengan menyimpan Beto menurunkan pemain bertipikal ‘false nine’ sebagai ujung tombak lawan Palestina.

False nine merupakan stragegi andalan dari Timnas Spanyol dan beberapa tim di Negara itu dalam satu dekade terakhir. Dalam penerapannya, seorang pemain false nine yang sering disebut ‘striker palsu’ beperan seolah-olah bermain sebagai ujung tombak.

Tapi striker palsu itu bisa bergerak lebih leluasa ke belakang ataupun ke sisi sayap untuk membuka celah kepada pemain lainnya. Dengan komposisi yang ada, Ilham Udin Armaiyn, Septian David Maulana serta Saddil Ramdani bisa jadi opsi untuk mengisi peran ‘striker palsu’ yang ingin diterapkan Milla.

Adapun latihan timnas U-23 Indonesia pada hari ini, Selasa (14/8), diikuti oleh 22 pemain. Selain 20 pemain yang diturunkan di Asian Games 2018, skuat berjuluk Garuda Muda itu juga menyertakan kiper Muhammad Ridho dan penyerang Rafli Mursalim sebagai mitra berlatih.

Latihan yang digelar tertutup tersebut dimulai pukul 09.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 10.30 WIB. Sementara duel antara Timnas Indonesia U-23 vs Palestina U-23 akan dihelat Rabu mulai pukul 19.00 WIB

Palestina saat ini mengumpulkan poin 4 dari dua laga, menang 2-1 atas Kamboja dan imbang 0-0 lawan Taiwan. Sementara Indonesia menempel di bawahnya dengan raihan 3 poin usai menggasak Taiwan 4-0. (ant/im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here