Mojopahit Shoping Center Pemasaran Online Usaha Mikro
Pemerintah Kabupaten Mojokerto melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, mensinergikan model pengembangan usaha mikro dan telah membantu pemasaran secara online melalui inovasi Mojopahit Shoping Center

IM.com – Pemerintah Kabupaten Mojokerto melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, mensinergikan model pengembangan usaha mikro dan telah membantu pemasaran secara online melalui inovasi Mojopahit Shoping Center.

Langkah ini mendapat apresiasi Wakil Bupati Mojokerto, Pungkasiadi, yang disampaikan dalam acara senam dan jalan santai peringatan Hari Koperasi ke-71, Hari UMKM ke-3 sekaligus HUT RI ke-73 Tahun 2018, di GOR Gajah Mada Mojosari, Sabtu (25/8-2018).

“Secara khusus saya meminta dan terimakasih kepada Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, yang mensinergikan model pengembangan usaha mikro dengan koperasi, dan telah membantu pemasaran secara online melalui Mojopahit Shoping Center,” ucap wabup.

Penciptaan wira usaha baru, tambah wabup, juga memerlukan dorongan melalui sebuah bimbingan. Misalnya untuk anak putus sekolah dan ibu-ibu rumah tangga yang produktif.


“Anak putus sekolah dan ibu-ibu rumah tanga perlu didorong sebagai upaya menciptakan wira usaha baru, dengan harapan rasio penduduk dengan jumlah wira usaha minimal 3 persen,” tambah wabup.

Wabup tidak lupa mengapresiasi perkembangan UMKM yang menjadi ujung tombak perekonomian. Dirinya menjelaskan bahwa berdasarkan data nasional, pelaku UMKM tercatat 59 juta unit, menyerap 107 juta tenaga kerja dan memberi kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) 60,34 persen.

Adapun jumlah UMKM di Jawa Timur tercatat 4,3 juta dengan kontribusi PDRB sebesar 54,98 persen. Sedangkan di Kabupaten Mojokerto tercatat ada 153.000 UMKM.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Mojokerto, Yoko Priyono, mengatakan jika rangkaian 3 acara ini menjadi simbol bahwa koperasi dan UMKM Kabupaten Mojokerto, tidak saja mengisi kemerdekaan, tapi menjadi simpul awal perjuangan perekonomian rakyat Indonesia.

“Kalau kita berbicara ekonomi kita bicara koperasi dan UMKM. Keduanya adalah mata rantai perekonomian rakyat yang jadi pilar ekonomian bangsa. UMKM dan koperasi bisa menyumbang 107 juta tenaga kerja di negeri ini. Mari kita dukung koperasi dan UMKM dengan semua karya-karyanya. Siapa lagi yang memakai produk UMKM kalau bukan kita. Kita harus bangga dan mendukung penuh koperasi dan UMKM agar makin berkembang,” tutur Yoko.

Acara jalan santai yang dimeriahkan bintang tamu penyanyi Denada, diikuti kurang lebih 4.000 peserta dari anggota koperasi, UMKM, pelajar dan masyarakat umum dengan hadiah 1 unit sepeda motor, 10 unit sepeda gunung serta hadiah menarik lainnya. (ika/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here