Kasad Beri Penghargaan Prajurit Kodim Kediri yang Menyelamatkan Bendera Merah Putih

IM.com – Serka Ratno Timur, Babinsa Kodim 0809/Kediri mendapat penghargaan dari Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono, Penghargaan itu diberikan atas aksi heroiknya di lapangan Desa Banyakan, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri.

Aksi heroik adalah terjadi saat upacara pengibaran bendera. Tiba-tiba terjadi angin kencang yang mengakibatkan bendera saat dinaikkan, tarikan ke empat pengait bendera patah dan lepas dari tiang atas.

Melihat kejadian kondisi itu, Serka Ratno Timur melepaskan sepatu lalu berlari memanjat tiang untuk mengambil kembali kait di tiang atas kemudian memasangkan ke bendera sehingga bendera dapat berkibar dengan sempurna.

Aksi heroik juga ditunjukkan Sertu Rudik Siswanto, Baton Taikam Denma Brigif 16/WY Kodam V/Brw. Saat upacara bendera di Kota Kediri terjadi angin kencang yang mengakibatkan bendera terlilit sampai empat kali lilitan di tiang bendera.

Akibatnya bendera tidak dapat ditarik sama sekali karena bendera tidak dapat mengembang. Secara spontan Sertu Rudik Siswanto melepas sepatu, berlari dan memanjat tiang bendera untuk memperbaiki bendera yang terlilit sampai bendera tersebut dapat diturunkan Paskibraka.

“Prestasi-prestasi prajurit baik dalam penugasan operasi, tugas-tugas khusus, termasuk sebagai atlet yang mengharumkan nama bangsa merupakan suatu pencapaian luar biasa yang patut diapresiasi dan dicontoh oleh seluruh prajurit dan PNS TNI AD,”kata Kasad saat pemberian penghargaan kepada prajurit TNI AD yang berprestasi tersebut dilaksanakan dalam apel luar biasa di Mabesad, Jakarta Pusat.

“Atas tindakan dan keberanian tersebut kelima Bintara ini, saya berikan penghargaan dan hadiah berupa sepeda motor. Semoga penghargaan ini dapat bermanfaat dan meningkatkan kinerja serta prestasi untuk terus berbuat yang terbaik,”sambungnya.
Selain Serka Ratno Timur, pada waktu yang bersamaan, Kasad memberikan penghargaan kepada 4 prajurit TNI AD lainnya yang berprestasi dalam pengabdiannya melebihi panggilan tugas.

Sedangkan 3 prajurit TNI AD lainnya yang mendapat penghargaan dari Kasad ialah Serma Timbul Prawoto Irawan, Babinsa Koramil 20/Cawas Kodim 0723/Klaten, Serka Yonatan F. Duil, Babinsa Koramil 04/Maurole Kodim 1602/Ende, Sertu Kristianus Sina, Bintara sub unit Kodim 1603/Sikka. (rem/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here