Dandim 0815 Hadiri Apel Pasukan Operasi Mantap Brata Semeru 2018
Dandim 0815 Mojokerto Letkol Kav Hermawan Weharima mengatakan, pihaknya siap mendukung pengamanan Pemilu 2019 di wilayah hukum Polres Mojokerto dan Polres Mojokerto Kota

IM.com – Dalam rangka mendukung dan mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Umum Presiden dan Legislatif, Komandan Kodim 0815 Mojokerto Letkol Kav Hermawan Weharima menghadiri gelar apel Pasukan Operasi Mantap Brata Semeru 2018 di Mapolres Mojokerto, Jalan Gajah Mada Mojosari Kabupaten Mojokerto, Rabu (19/09/2018). Operasi berlangsung selama 397 hari terhitung tanggal 20 September 2018 hingga 31 Oktober 2019.

Pada apel yang dipimpin Kapolres Mojokerto AKBP Leonardos Simarmata membacakan Amanat Kapolri pada Operasi Mantap Brata 2018 diantaranya Pemilu tahun 2019 memiliki kompleksitas kerawanan yang karakteristik, karena untuk pertama kalinya Pileg dan Pilpres akan dilaksanakan secara serentak.

Untuk itu Kapolri menyampaikan penekanan dalam rangka pelaksanaan pengamanan Operasi Mantap Brata 2018, diantaranya perkuat soliditas dan sinergi TNI dan Polri guna mewujudkan Pemilu yang aman, lancar, dan damai; Jaga netralitas Polri dan TNI serta hindari tindakan yang dapat mencederai netralitas TNI dan Polri dalam penyelenggaraan setiap tahapan Pemilu.

Lebih lanjut disampaikan, kedepankan langkah proaktif dengan mengoptimalkan deteksi dini guna mengetahui fenommaa yang berkembang untuk selanjutnya dilaksanakan upaya pencegahan dan penanganan secara dini. Dorong seluruh elemen KPU, Bawaslu, Caleg, Parpol dan masa pendukungnya, pemda, media, tokoh masyarakat, serta pengawas Pemilu independen untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diemban sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Usai apel, Dandim 0815 Mojokerto Letkol Kav Hermawan Weharima mengatakan, pihaknya siap mendukung pengamanan Pemilu 2019 di wilayah hukum Polres Mojokerto dan Polres Mojokerto Kota. “Sejumlah 250 – 300 personel disiapkan untuk pengamanan Pemilu. Namun kebutuhan personel akan disesuaikan dengan hasil rapat koordinasi bersama Polres Mojokerto dan Polres Mojokerto Kota,” tegasnya.

Secara bersamaan, Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Semeru 2018 juga berlangsung di Lapangan Maha Patih Gajah Mada Mapolres Mojokerto Kota dipimpin Kapolres Mojokerto Kota AKBP Sigit Dany Setiyono.

Sementara peserta Apel Gelar Pasukan yakni 1 SSK Gabungan TNI terdiri dari Subgartap III/0815, Denpom V/2, Kodim 0815 dan Yonif PR 503/MK; 2 SSK Gabungan Polres Mojokerto dan 1 SST Gabungan Satpol PP, Dishub dan Linmas Kabupaten Mojokerto.

Yang menghadiri apel bertajuk“Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Semeru 2018 Kita Tingkatkan Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Mewujudkan Keamanan Dalam Negeri Yang Kondusif Di Wilayah Hukum Polres Mojokerto“ diantaranya, Wakil Bupati Mojokerto Pungkasiadi Kajari Kabupaten Mojokerto, Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto Ismail Pribadi, Dandenpom V/2 Mayor Cpm Rudy HW, Perwakilan Yonif PR 503/MK, pejabat sipil, militer dan kepolisian. (dim/uyo)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini