Prajurit TNI bahu membahu membantu proses pencarian, evakuasi dan penanganan korban gempa di Palu-Donggala, Sulawesi Tengah.

IM.com – Peran aktif Tentara Nasional Indonesia (TNI) terlibat langsung dalam kegiatan sosial kemanusiaan semakin kuat terasa. Yang paling baru, TNI 4.244 personel mengerahkan untuk membantu pencarian dan evakuasi korban gempa-tsunami di Palu-Donggala, Sulawesi Tengah.

Hari ini, pada Kamis (4/10/2018), sekitar 200-an prajurit  TNI dari Batalyon Infanteri Raider 700/Wira Yudha Cakti Kodam XIV/Hasanuddin diterjunkan ke lokasi Hotel Roa Roa, Jl. Pattimura No. 72 Kota Palu, Sulawesi Tengah untuk mencari korban yang tertimbun reruntuhan puing-puing bangunan. Di lokasi ini pula, jenazah atlet Paralayang asal Kota Batu Ardi Kurniawan ditemukan.

“Proses pencarian korban dilakukan dengan sangat hati-hati, untuk menjaga kemungkinan masih ada korban selamat,” kata Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) Raider 700/Wira Yudha Cakti Letkol Inf Utyus Samsul dalam keterangan tertulis, Kamis (4/10/2018).

Tentu saja, pencarian korban yang dilakukan oleh Prajurit TNI dibantu Tim SAR serta relawan membuat para keluarga korban yang menyaksikan langsung prosesnya menjadi lebih termotivasi dan berharap masih ada korban selamat.

“Insya Allah pencarian korban gempa hari ini dapat selesai, dan berharap adiknya dapat segera ditemukan,” ucapnya.

Memasuki hari keenam proses pencarian korban di Hotel Roa Roa, TNI dan Basarnas telah menemukan 19 jenazah dari lokasi tersebut. Sebagaimana diketahui bahwa gempa bumi pada 28 September 2018 di Palu, Sulawesi Tengah telah mengakibatkan kerusakan yang cukup parah pada bangunan dan fasilitas yang ada di wilayah bencana, termasuk Hotel Roa Roa.

Upaya tak kenal putus asa untuk menemukan kemungkinan masih adanya korban yang tertimbun reruntuhan bangunan Hotel Roa-Roa adalah bagian dari komitmen TNI ikut berpartisipasi dalam kegiatan sosial dan kemanusiaan. Komitmen ini sesuai tema Hari Jadi TNI ke-73 “Profesionalisme TNI Untuk Rakyat”.

TNI memang tak pernah absen dalam kegiatan kemanusiaan korban bencana alam. Korps ini selalu hadir dalam membantu penanganan bencana alam. Dari pencarian korban hingga warga terdampak bencana. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here