Tiga nama kuat yang beredar dalam bursa kandidat Walikota Surabaya. Dari kiri: Whisnus Sakti Buana (Wakil Walikota Surabaya, PDIP), Adies Kadir (Anggota Komisi III DPR RI, Golkar), Fandi Utomo (mantan Anggota DPR RI dari Demokrat, kini gabung ke PKB).

IM.com – Partai Demokrat Kota Surabaya, Jawa Timur enggan mengungkap identitas spesifik bakal Calon Walikota Surabaya yang punya peluang paling kuat akan diusung pada Pilkada 2020. Demokrat hanya meyakinkan sudah ada nama kandidat kuat yang dikantongi DPC.

“Kita sudah ada calon, tapi masih kami simpan,” kata Ketua DPC Partai Demokrat Kota Surabaya, Ratih Retnowati, Senin (15/10/2018).

Sayangnya, Ratih enggan membocorkan siapa kandidat yang dimaksud. Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya itu pun tak mau mengungkapkan apakah nama yang sedang digodok partainya itu ada dalam daftar sejumlah bakal cawali yang beredar.

“Nanti pasti dikabari,” ujar Ratih.


Diketahui hingga saat ini di kalangan partai politik maupun ormas di Kota Surabaya yang sudah ada dan berani terang-terangan mengumumkan cawali. Beberapa diantaranya dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan mulai mengkampanyekan Fandi Utomo, MKGR Partai Golkar Surabaya mendukung Adies Kadir dan PDI Perjuangan Surabaya mayoritas mendukung Whisnu Sakti Buana.

Sekretaris DPC Partai Demokrat Surabaya, Dedy Prasetiyo menunjukkan sikap serupa dengan Ratih. Ia beralasan, saat ini partainya dan seluruh kader Demorkat sedang konsentrasi pemenangan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019.

Sehingga belum berpikir jauh soal Pilkada Surabaya 2020. Sembari itu, kata Dedy, partainya juga akan melihat dinamika politik dan bursa kandidat yang berkembang sampai jelang pendaftaran calon nanti.

“Jadi kami tetap memonitor calon-calon yang sudah dan akan muncul, karena politik itu selau dinamis. Hasil akhir nanti disampaikan langsung oleh Ketua DPC,” tandas Dedy. (sun/im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here