IM.com – Nama Bayu Airlangga melejit di bursa calon Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur. Kabarnya, 28 DPC telah berikrar setia mendukung alumnus Pascasarjana Universitas Indonesia itu pada Musyarawah Daerah VI PD Jatim awal Maret 2021.

Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Mojokerto Ayub Busono Listyawan adalah salah satu yang mendeklarasikan dukungan itu. Menurut Ayub, pimpinan dari 28 DPC itu nanti sudah mengagendakan pertemuan dengan Bayu untuk menyatukan komitmen dan visi.

“Kami tekad sudah bulat dan solid, 28 Ketua DPC sepakat menginginkan dan mengusulkan Saudara Bayu Airlangga untuk menjadi ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur di Musda nanti,” tegas Ayub saat dikonfirmasi, Jumat (12/2/2021).

Sejauh ini, ada lima nama yang mengemuka di bursa calon Ketua DPD PD Jatim. Bayu Airlangga menjadi kandidat terkuat dengan modal dukungan mayoritas atau sekitar 90 persen dari 38 dewan pimpinan cabang.


“Dari 38 Ketua DPC, ada 3 ketua DPC yang meninggal Dunia. Jadi total ketua DPC yang aktif sekarang ada, 28 di antaranya mendeklarasikan dukungan untuk Mas Bayu,” ujar Ayub.
Senada disampaikan Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Bojonegoro, Syukur Priyanto.

Ia mengaku sudah beberapa kali bertemu dengan sejumlah pimpinan cabang lain dan mendapati aspirasi yang sama yakni menghendaki Bayu menakhodai DPD PD Jatim.

“Dengan pertimbangan untuk kepentingan kemajuan dan kemenangan Partai Demokrat lima tahun mendatang, ada 28 DPC sepakat memberikan dukungan kepada Bayu Airlangga sebagai ketua definitif Partai Demokrat Jawa Timur 2021-20026,” jelas Syukur.

Cabang lain yang mendeklarasikan dukungan untuk pria yang saat ini menjabat Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim adalah DPC Kabupaten Nganjuk.

“Partai Demokrat adalah partai yang menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, kami dari DPC ingin Ketua DPD yang baru nanti adalah benar-benar usulan dari bawah, bukan ditunjuk dari atas,” tutur Ketua DPC PD Nganjuk Fauzi Irwana.

Fauzi beralasan, Partai Demokrat Jawa Timur perlu dipimpin Oleh sosok yang mengetahui paham kondisi riil di lapangan. Rajin komunikasi 24 jam untuk mendengarkan serta membesarkan Partai Demokrat yang mereka cintai ini.
“Selama ini Komunikasi kami ketua-Ketua DPC dengan Mas Bayu Airlangga sangat baik dan intens,” ujarnya.

Menurut Fauzi, sosok Bayu sangat pas memimpin Demokrat ke depan. Karena sejak sebelum menjadi Sekretaris DPD pun, Bayu Airlangga juga selalu rutin turun ke daerah-daerah ke DPC-DPC melakukan konsolidasi partai.

“Baik itu saat ada pilkada maupun tidak Mas Bayu selalu aktif komunikasi dengan kami,” cetusnya.
Selain tiga DPC tadi, 25 pimpinan cabang lain yang sudah berikrar mendukung Bayu Airlangga yakni DPC Pacitan, DPC Lamongan, DPC Kota Surabaya, DPC Kabupaten Kediri, DPC Sampang, DPC Bangkalan, DPC Pamekasan, DPC Situbondo, DPC Jember, DPC Bondowoso, DPC Kabupaten Probolinggo, DPC Kota Pasuruan, DPC Kabupaten Malang, DPC Kota Batu. Kemudian, DPC Kabupaten Madiun, DPC Kota Madiun, DPC Magetan, DPC Sumenep, DPC Jombang, DPC Sidoarjo, DPC Gresik, DPC Kota Mojokerto, DPC kota Blitar, DPC Tulungagung dan DPC kab Pasuruan.

Bayu Airlangga saat ini menjabat Sekretaris DPD Partai Demokrat Jawa Timur. Pria kelahiran 29 tahun silam itu sempat mengemuka dalam bursa bakal calon Walikota Surabaya di Pilkada 2020 lalu.

Selain aktif di panggung politik, menantu Soekarwo atau Pakde Karwo, mantan Ketua DPD Partai Demokrat Jatim itu juga memiliki rekam jejak mumpuni di bidang akademik. Pemegang gelar Magister Manajemen dari Universitas Airlangga tersebut saat ini tercatat sebagai dosen tetap di Universitas Narotama Surabaya. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here