Anggota Banser Dlanggu Ikuti Diklatsar
Sebanyak 80 anggota Barisan Serba Guna (Banser) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Dlanggu mengikuti Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar)

IM.com – Sebanyak 80 anggota Barisan Serba Guna (Banser) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Dlanggu mengikuti Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar) program PAC GP Ansor Kecamatan Dlanggu berlangsung di Balai Desa Punggul Kecamatan Dlanggu Kabupaten Mojokerto, Sabtu (13/10/2018).

Materi yang disampaikan meliputi sejarah dan visi perjuangan Nahdlatul Ulama, keorganisasian GP Ansor juga Wawasan Kebangsaan. Salah seorang pemateri yang diketengahkan adalah Danramil 0815/14 Kodim 0815 Mojokerto Kapten Inf Teguh Irianto, membahas tentang Empat Pilar Kebangsaan atau Empat Konsensus Dasar Berbangsa dan Bernegara.

Teguh Irianto menerangkan, wawasan kebangsaan merupakan cara pandang Bangsa Indonesia dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Di dalam tersirat semangat hidup merdeka, bersatu demi cita-cita agung, kehidupan masyarakat yang adil dan makmur.

Selain wawasan kebangsaan, lanjut Teguh, tak kalah pentingnya untuk dipahami adalah tentang Empat Konsensus Dasar Berbangsa dan Bernegara atau Empat Pilar Kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.


“Pancasila sebagai ideologi negara, UUD 1945 sebagai landasan konstitusional, NKRI sebagai rumah bersama bagi seluruh warga bangsa serta Bhinneka Tunggal Ika yang diartikan berbeda-beda tapi tetap satu yakni Bangsa Indonesia yang memiliki keanekaragaman suku bangsa, agama, budaya, adat istiadat dan lain-lain,” terangnya.

Memungkasi penuturannya, Teguh beraharap agar Banser bersama komponen masyarakat lainnya untuk terus berperanserta dalam menjaga, memelihara dan menciptakan suasana yang kondusif demi tetap tegak dan utuhnya NKRI. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here