M. Syukron Fahmi (Gus Fahmi) dan Wakil Bupati Mojokerto Muhammad Albarra (Gus Barra) mendaftar sebagai calon Ketua PC GP Ansor Kabupaten Mojokerto pada Konfercab ke-XVIII yang akan digelar Minggu (12/12/2021).

IM.com – Lima kandidat terkuat yang dijagokan pada Konfercab PC GP Ansor Kabupaten Mojokerto ke-XVIII memiliki basis kekuatan berimbang. Masing-masing mengklaim dukungan yang cukup dari pengurus anak cabang (PAC) untuk running sebagai calon Ketua PC GP Ansor Kabupaten Mojokerto 2021-2025.

Kelima tokoh muda sudah mendaftar hingga penutupan masa pendaftaran, Jumat (10/12/2021) pukul 18.00 WIB. Muhammad Mahbubullah (Gus Mahbub) menjadi kandidat pertama yang mendaftar ke panitia Konfercab di markas Satkorcab Banser Kabupaten Mojokerto. Beberapa jam kemudian, Wakil Bupati Mojokerto Muhammad Al Barraa (Gus Barraa) menyusul dengan didampingi pengurus 3 PAC pendukungnya.

Selanjutnya, giliran Ketua PAC GP Ansor Mojosari Samsul Ma’arif dan incumbent Ketua PC GP Ansor Kabupaten Mojokerto M. Ali Nasikh (Gus Ali) tiba di tempat pendaftaran. Kemudian, M. Syukron Fahmi (Gus Fahmi), menjadi kandidat terakhir yang menyerahkan berkas pencalonan.

Putra pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Al Mishbar, Dusun Karangnongko, Desa Mojoranu, Kecamatan Sooko, KH. M. Chusaini Ilyas, itu juga mendapat dukungan 3 PAC yang mendampingnya ke kantor sekretriat panitia Konfercab. (Baca juga: Bursa Ketua GP Ansor Kabupaten Mojokerto, Gus Barra dan Gus Fahmi Bakal Bersaing Ketat).


Kelima bacalon memang tercatat memiliki kekuatan berimbang dari aspek dukungan pengurus di tingkat kecamatan, masing-masing menggaet rekomendasi 3 PAC dan 20 ranting. Dengan demikian, dari 18 kecamatan, tersisa 3 PAC yang tidak memberikan rekomendasi kepada kelima bacalon, yakni Bangsal, Trawas dan Gondang.

”Tapi dalam Konfercab nanti mereka tetap kita undang sebagai peserta dan memiliki hak suara,” ujar kata Panitia Konfercab PC GP Ansor ke-XVIII Mukhamad Yunus, Jumat (10/12/2021) petang.

Tercatat, dukungan untuk Gus Mahbub berasal dari PAC GP Ansor Pacet, Kutorejo, dan Mojoanyar plus 20 ranting. Kemudian, Gus Barraa mengantongi rekomendasi dari PAC GP Ansor Trowulan, Jetis, dan Gedeg plus 20 ranting.

Samsul Ma’arif didukung oleh PAC GP Ansor Mojosari, Pungging, dan Jatirejo plus 20 ranting. Sementara Gus Ali Nasikh mendapat dukungan dari PAC GP Ansor Dlanggu, Kemlagi, Puri dan 20 ranting. Serta, Gus Fahmi resmi direkomendasi PAC GP Ansor Sooko, Ngoro, Dawarblandong plus 20 ranting.

“Kelima bakal calon (bacalon) telah resmi mendaftar dan kita lakukan pengecekan (berkas persyaratan), sementara semuanya memenuhi,” ungkap Yunus.

Yunus menjelaskan, masing-masing kandidat wajib melengkapi sejumlah dokumen persyaratan. Yakni formulir pendaftaran, curriculum vitae (CV) bermaterai Rp 10 ribu, fotokopi KTP, surat pernyataan siap dicalonkan.

Dua persyaratan lain yang paling penting adalah menunjukkan bukti kaderisasi hingga jenjang PKL (pelatihan kader lanjutan) dan telah mengabdi atau menjadi pengurus PC atau PAC GP Ansor selama 2 tahun. Yunus menyatakan, penetapan kelima kandidat tersebut sebagai calon resmi masih menunggu keputusan pimpinan sidang Konfercab.

“Pimpinan sidang dari PW (Pengurus Wilayah) GP Ansor Jatim yang memutuskan di Konfercab. Panitia di sini sebatas melayani,” tandasnya. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here