Babinsa Jatirejo Bersama Lakukan Penyiangan di Lahan 0,7 Hektar
Babinsa Serda Syaiful Hozi Koramil 0815/15 Jatirejo Kodim 0815 Mojokerto mendampingi penyiangan rumput di sawah seluas 0,7 hektar milik Adib di Dusun Sumengko

IM.com – Babinsa Serda Syaiful Hozi Koramil 0815/15 Jatirejo Kodim 0815 Mojokerto mendampingi penyiangan rumput di sawah seluas 0,7 hektar milik Adib di Dusun Sumengko yang ditanami jenis padi varietas Inpari – 42 berumur 30 hari. Pembersihan rumput di bagian pangkal dan sela-sela padi Inpari – 42, Senin (15/10/2018).

Sebagaimana yang umum dilakukan para petani, keberadaan gulma atau rumput liar di sekitar padi jika tidak segera ditangani akan mengganggu produtivitas. Akibatnya tanaman padi menjadi kurang subur, karena kandungan haranya diserap tanaman pengganggu tersebut sehingga pertumbuhannya tidak maksimal.

“Salah satu tujuan dilakukannya penyiangan pada tanaman padi agar tidak ada gulma sehingga tanaman padi tidak mempunyai saingan dalam menyerap unsur hara. Juga, supaya pajanan matahari dapat menembus tangkai bagian bawah sehingga terserap penuh,“ terang Saiful Hozi lebih lanjut, pendampingan yang dilakukannya merupakan upaya dalam menjaga ketahanan pangan sekaligus menyemangati petani dalam mengolah mengolah sawah dengan harapan hasil panennya meningkat.

Komentar Danramil 0815/15 Jatirejo Kapten Inf Supriyanto tentang pendampingan, pihaknya telah menerjunkan para Babinsa untuk melaksanakan pendampingan kepada petani dan Poktan yang ada di wilayah binaan masing-masing. Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan untuk mencapai swasembada pangan sebagaimana yang diharapkan pemerintah. (dim/uyo)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here