Pendampingan ketahanan pangan masih terus berlangsung di wilayah Koramil Jajaran Kodim 0815 Mojokerto

IM.com – Babinsa Mojogeneng Koramil 15/Jatirejo mendampingi Poktan Tani Jaya melakukan penyiangan tanaman padi dari gulma dan rumput liar pada Minggu (27/05/2018). Kegiatan ini sebagai upaya pendampingan ketahanan pangan masih terus berlangsung di wilayah Koramil Jajaran Kodim 0815 Mojokerto.

Di areal persawahan seluas 0,6 hektar milik Jayadi yang ditanami jenis padi varietas IR 64 berumur sekitar tiga minggu, pendampingan dilakukan Serda Mukhar dengan turun langsung ke sawah, bersama petani membersihkan gulma dan rumput/tumbuhan liar.

Penyiangan merupakan bagian dari perawatan tanaman padi berupa mencabut gulma atau rumput / tumbuhan liar yang terdapat di antara tanaman pertanian, sekaligus menggemburkan tanah. Penyiangan ini dapat dilakukan secara manual dengan mencabut langsung menggunakan tangan, secara kimiawi dengan herbisida dan secara mekanis dengan menggunakan mesin.

Serda Mukahar menuturkan, pembersihan gulma ini dilakukan secara berkala ketika padi berumur 21 hari dan 41 hari atau dalam kondisi tertentu bila gulma atau rumput/tumbuhan liar banyak tumbuh di sekitar tanaman padi sehingga tidak mengganggu tanaman utama dalam menyerap unsur hara, air dan cahaya.


Gulma atau tumbuhan liar yang ada pada tanaman pertanian harus dibersihkan karena akan menghambat pertumbuhan tanaman utama yang berdampak pada pencapaian produksi, terangnya.

Terpisah Danramil 0815/15 Jatirejo Kapten Inf Supriyanto, mengatakan, pendampingan ketahanan pangan akan terus dilakukan para Babinsa sebagai upaya khusus dalam rangka mendukung pencapaian swasembada pangan di wilayah. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here