PSMP saat menjamu Aceh United di babak 8 besar Liga 2 2018 di stadion Gajah Mada Mojosari 29 Oktober 2018 lalu.

IM.com – Tim Persatuan Sepakbola Mojokerto Putra (PSMP) tetap bisa melanjutkan sepak terjangnya di Piala Indonesia meski mendapat sanksi dari Komisi Disiplin PSSI. Laskar Majapahit melenggang ke babak 32 besar dan dijadwalkan melakoni laga perdana pada 22 Januari 2019.

Pada babak 32 besar, PSMP tergabung dalam Zona Timur 2 bersama dengan Borneo FC, Kalteng Putra, PSM Makassar, Persidago Gorontalo, Persipura Jayapura, Perseru Serui, dan Mitra Kukar.

“Mojokerto tetap ikut 32 besar karena kompetisi sedang berjalan. Sanksi yang diterima untuk musim 2019,” kata Sekjen PSSI Ratu Tisha di sela-sela “drawing” babak 32 besar Piala Indonesia 2018 di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (8/1/2019).

Pada pertandingan pertama, anak asuh Jamal Yastro bertindak sebagai tuan rumah menjamu klub Liga 1, Borneo FC.

PSMP mendapatkan sanksi larangan tidak boleh turun pada Liga Indonesia 2019 setelah diduga terkait dengan pengaturun pertandingan (match fixing). Selain itu, pemain Mojokerto Putra, Krisna Adi Darma, dihukum larangan beraktivitas dalam kompetisi sepak bola tanah air seumur hidup.

Ratu Tisha menjelaskan babak 32 Piala Indonesia diprediksi bakal menarik karena tim yang turun memiliki kualitas dan mempunyai banyak pendukung fanatiknya.

“Hasil drawing cukup bagus. Apalagi tim yang turun di babak 32 besar mempunyai basis suporter lebih dari 5.000. Pertandingan bakal berlangsung menarik,” kata Sekjen PSSI putri pertama itu.

Situasi bermasalah yang dialami PSMP tak membuat Borneo FC lengah. Sekretaris Borneo FC Hariansyah mengatakan bahwa pihaknya tetap fokus kepada persiapan tim dan tidak mau memikirkan masalah yang sedang dihadapi PSMP.


“Terkait status Mojokerto yang kemarin dihukum, kami hanya berpedoman pada PSSI, nanti mereka akan bersurat ke kami masalah itu, jadi kami akan fokus ke tim sendiri dari pada mengurusi status klub lain,” tuturnya.

Babak 32 besar Piala Indonesia akan menggunakan sistem sistem home-away. Rangkaian pertandingan dimulai pada 25 sampai 30 Januari 2019.

Dalam drawing babak 32 besar, fakta menarik tercipta. Enam tim dari Liga 1 2019 bakal saling menghancurkan di babak 32 besar.

Pada Zona Barat, Semen Padang yang baru saja promosi ke Liga 1 2019 akan menantang penghuni papan bawa Liga 1 2018, PS Tira.

Sedangkan dua pertandingan sesama kontestan Liga 1 tercipta pada Zona Timur. Barito Putera menantang tim promosi sekaligus juara Liga 2 2018, PSS Sleman pada Zona 1 Timur.

Terakhir, Kalteng Putra yang juga tim promosi harus menantang runner-up Liga 1 2018, PSM Makassar.

Berikut hasil drawing babak 32 besar Piala Indonesia 2018:

Zona Barat 1
Sriwijaya FC vs Keluarga Usu Medan
Persija vs Kepri Jaya
PSBL Langsa vs Bhayangkara FC
Semen Padang vs PS TIRA

Zona Barat 2
Madura United vs Cilegon United
Arema FC vs Persita Tangerang
Persiwa Wamena vs Persib Bandung 
Persibat Batang vs PSIS Semarang

Zona Timur 1
Persela Lamongan vs Persik Kendal
Barito Putera vs PSS Sleman
Persinga Ngawi vs Persebaya Surabaya
Blitar United vs Bali United

Zona Timur 2
Mojokerto Putra vs Borneo FC
Kalteng Putra vs PSM Makassar
Persidago Gorontalo vs Persipura Jayapura
Perseru Serui vs Mitra Kukar.  (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here