Pemain Borneo FC Asri Akbar saat mencoba melewati pemain PSMP dalam laga leg pertama babak 32 Besar Piala Indonesia 2018/2019 di Stadion Gajah Mada Mojosari, Selasa (29/01/19).

IM.com – PS Mojokerto Putra (PSMP) tak berkutik menghadapi lawannya Borneo FC di depan publik sendiri dalam laga leg pertama babak 32 besar Piala Indonesia 2018/2019 di Stadion Gajah Mada Mojsari, Selasa (29/1/2019). Klub kebanggaan arek Mojokerto itu digasak 1-3 oleh Pesut Etam.

Bertindak sebagai tuan rumah, PSMP sejatinya bermain cukup percaya diri di tengah skandal pengaturan skor yang membuat klub ini dilarang bermain pada musim kompetisi 2019. Sempat memberikan perlawanan keras, PSMP akhirnya harus bertekuk lutut di hadapan tamunya yang datang jauh dari Pulau Kalimantan.

Jalannya Pertandingan

Dengan jersey serba hitam para punggawa Laskar Majapahit bermain cukup apik di awal-awal babak pertama. Meski pertahanan mereka jebol lebih dulu menghadapi serangan gencar dari para pemain Borneo FC.


Serangan cepat Borneo FC ke lini pertahanan PS Mojokerto Putra pada menit 11 membuahkan hasil. Bek naturalisasi Diego Michiels mampu membuka gol untuk Borneo FC setelah menerima umpan dari Asri Akbar lewat skema tendangan bebas.

PSMP langsung bergegas mengejar ketertinggalan.  Tak lama berselang usaha anak asuh Jamal Yastro berbuah manis.

Sontekan Samsul Pellu pada menit ke-16 berhasil mengubah skor menjadi sam akuat 1-1.

Tim tuan rumah bahkan nyaris membalikkan keadaan di menit ke-20. Sayang, tembakan Hariyanto masih bisa digagalkan kiper lawan yang tampil cekatan.

Merasa tertekan, kubu Borneo FC pun melancarkan serangan balasan cepat. Alhasil, counter attack cepat ini membuat pertahanan PSMP kewalahan hingga menjadi petaka.

Lerby Eliandri mampu memanfaatkan umpan matang dari Terens Puhiri menjadi gol di menit 21. Skor kembali berubah 1-2.

Menit ke-38 pergantian pemain dilakukan Borneo. Mahadirga yang cedera hingga harus ditandu keluar digantikan pemain nomor 33, Wahyudi.

Kedua tim terus saling memberi ancaman ke gawang lawan. Namun hingga akhir babak pertama, tidak ada gol tambahan tercipta.

Memasuki babak kedua, tim tamu terlihat lebih bersemangat menambah pundi gol.  Skuat asuhan Fabio Lopez ini langsung memberikan tekanan sejak menit awal paruh kedua.

Menit ke-55, PSMP memasukkan Salim untuk menggantikan Kartanto yang terkena kartu kuning di menit 51.

Serangan bertubi yang dilancarkan Borneo FC akhirnya menambah keunggulan mereka di menit 69. Bermula dari sepak pojok pemain Borneo FC yang sempat dihalau kiper PSMP muntah di depan kaku Mahadirga Maranando Lasut.

Tak menunggu lama, Dirga Lasut langsung menceploskan bola ke gawang Putut Wijiarto . Kedudukan berubah 1-3 untuk Borneo FC.

Upaya PS Mojokerto Putra untuk menyamakan kedudukan di sisa waktu tak membuahkan hasil. Skor akhir tetap 1-3 kemenangan Borneo FC.

Dengan hasil ini, Borneo FC memiliki peluang lebih besar untuk lolos ke babak 16 besar. Pada leg kedua rencananya akan dihelat pada 6 Februari 2019, giliran PSMP yang melawat ke kandang Borneo FC di Stadion Segiri, Samarinda. (im)

Susunan pemain PSMP Mojokerto vs Borneo FC:

PSMP Mojokerto: Putut Wijiarto, Ade Pratama, Djayusman T, Dwiyanto S, Wahyu S, Dafid N, Hariyanto, Indra S, Kartanto, M. Rendra, Samsul M. Pelu. Pelatih: Jamal Yastro.

Pusamania Borneo FC: Gianluca Pandeynuwu, Abdul Rachman, Firdaus Ramadhan, Javlon Guseynov, Diego Michiels (C), Wahyudi Hamisi, Finky Pasamba, Asri Akbar, Terens Puhiri, Lerby Eliandry, Ambrizal Umanailo. Pelatih: Fabio Lopez.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here