Bawaslu Kabupaten Mojokerto
Afidatusholikha memberi materi pengetahuan teknis proses pemungutan dan penghitungan suara pada hari pencoblosan, 17 April 2019

IM.com – Bawaslu Kabupaten Mojokerto menggelar bimbingan teknis (Bimtek) untuk Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam). Kegiatan berlangsung selama tiga hari hari (4-6/3/2019) di Hotel Ayana, Trawas, Mojokerto.

Anggota Bawaslu Kabupaten Mojokerto Divisi Pengawasan, Humas dan Hubal, Afidatusholikha, M.Pd.I mengatakan tujuan kegiatan ini mewujudkan pengawas pemilu yang memiliki pemahaman teknis secara utuh.

“Hari kedua materi yang diberikan terkait pengetahuan teknis proses pemungutan dan penghitungan suara pada hari pencoblosan, 17 April 2019,” ujarnya.

Fida, begitu akrab dipanggil mengatakan, Bawaslu Kabupaten Mojokerto berharap pengawas dari Panwascam, Pengawas Desa hingga Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) memiliki pemahaman teknis.


Dengan demikian, mereka bisa melaksanakan tugas pengawasan dengan baik. “Jika tidak dibekali pemahaman teknis, dikhawatirkan tugas pengawasan tidak berjalan dengan baik”.

Beberapa poin penting yang juga disampaikan antara lain terkait pengawasan pra pemungutan suara. Kegiatan yang dimaksud misalnya ketika Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) menyiapkan seluruh kebutuhan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“PTPS bisa ikut mengawasi dan memberikan masukan pada KPPS terkait bagaimana mendirikan TPS sesuai dengan standar yang benar, kemudian sarana dan prasarana yang harus disediakan di TPS,” jelasnya.

Pembekalan ini juga mencakup pengetahuan teknis tentang urutan pemilih saat ingin memberikan suara di TPS, apa saja yang harus dilakukan pemilih misalnya penandatangan model C7 (daftar hadir pemilih) dan sebagainya.

“Sehingga bila nanti ditemukan ada persoalan atau potensi pelanggaran, PTPS bisa memberikan masukan kepada KPPS untuk segera dilakukan perbaikan, ” Fida.

Juga diharapkan, agar pengawas yang bertugas di masing – masing TPS bisa bertugas profesional. “Profesional dalam artian mereka secara sumber daya manusia (SDM) sudah dibekali pengetahuan teknis pemungutan dan penghitungan suara,” tandasnya.

Sugianto, satu di antara Panwascam yang hadir dalam bimtek mengatakan, pembekalan seperti ini dapat membantu para Panwascam memberikan pengetahuan serupa pada jajaran dibawahnya. Agar pengawas di tingkat desa hingga para pengawas di masing – masing TPS dapat melaksanakan tugas pengawasannya dengan baik.

“ Mudah – mudahan Pemilu 2019 di wilayah Kabupaten Mojokerto  dapat terlaksana kondusif, aman, tertib dan lancar,” ujar pengawas Pemilu dari Kecamatan Gondang – Mojokerto. (tin/uyo) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here