Lukisan Mural Hari Bumi Karya Pelajar SMAN 1 Bangsal Raih Juara
Fitri Anto dan Vinetta saat menyelesaikan lukisan muralnya yang berjudul Perangi Sampah Popok

IM.com – Tim siswa SMAN 1 Bangsal menjuarai lomba lukis mural Hari Bumi di Kabupaten Mojokerto. Acara yang digelar Kamis (25/4/2019) di stadion Gajah Mada Mojosari yang mengangkat tema Pelestarian Lingkungan Hidup, diikuti 43 tim/group dari kalangan pelajar dan masyarakat umum.

Event kali pertama gelaran Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mojokerto itu, pada akhirnya memutuskan bila Tim Siswa SMAN 1 Bangsal berhak menjadi Juara I.

Adapun anggota Tim SMABA itu adalah Fitri Anto (XI.IPS.5) yang berasal dari Dsn Sukorejo Ds Peterongan Kec Bangsal dan Vinetta Ashya Sodikin (X.MIA.4) yang tinggal di Perumahan Puri Kencana P-11  RT 06 /RW 03 ds Sumber Girang – Mojokerto.

“Kita sangat senang dan kaget ketika diumumkan sebagai juara I. Karena persiapan kita sangat mepet banget. Pengumumannya juga mendadak kita terima. Tapi berkat bimbingan Tim Pembina Kesiswaan dan Bapak Kepala Sekolah, akhirnya ide kita keluar dalam bentuk konsep memerangi popok bayi yang dibuang disungai,” ujar Fitri Anto yang juga diamini Vinetta.


Fitri Anto bercerita, bila idenya diinspirasi salah satu guru yang bergiat di lingkungan hidup. Trend masalah lingkungan hidup yang krusial akhir-akhir ini di Jawa Timur dan Mojokerto adalah mengatasi masalah sampah popok atau pampers. Akhirnya dirinya berkoordinasi dengan Vinnetta dan titik final konsepnya adalah melukis mural bertema perangi sampah popok.

“Semua alat dan bahan kita siapkan mendadak. Untung dibantu rekan-rekan OSIS SMABA yang tanggap dengan kebutuhan kita. Bahkan Pak Karso selaku guru pembina kesiswaan pun mendampingi kita di lokasi lomba. Prestasi ini kami persembahkan untuk seluruh warga SMAN 1 Bangsal dan masyarakat Mojokerto,” imbuh Vinetta berseri-seri memegang trophy kejuaraannya.

Kepala SMAN 1 Bangsal, Drs. H. Sugiono, M.Pd., saat dikonfirmasi, membenarkan prestasi yang baru saja diraih peserta didiknya. Dirinya mengaku bangga sekaligus bersyukur bila peserta didiknya mampu mengukir prestasi. Setidaknya itu menjadi bukti bahwa pembinaan kesiswaan di sekolahnya tetap berjalan dengan baik dan konsisten.

“Saya dapat laporan dari Wakasek Kesiswaan, Pak Dian, bila anak kita meraih juara I di lomba lukis mural yang digelar DLH Mojokerto. Saya hanya bisa bersyukur dan terima kasih atas torehan prestasinya untuk sekolah ini,” ujar mantan Kepala SMAN 2 Mojokerto itu seraya melihat piagam kejuaraan lomba mural.

Lebih jauh, Pak Gik, sapaan akrabnya, menginformasikan bila SMAN 1 Bangsal saat ini sedang menjajagi kerjasama dengan Pusat Studi Pancasila UGM-Yogjakarta. Kemungkinan pada bulan Juni mendatang, acaranya bakal digelar di sekolah. Ini sebagai aktualisasi dari konsep membumikan Pancasila di sekolahnya.(use/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here