Rumah milik Rahmad Afandi di Dusun Kepuhsawo, Desa Mojorejo, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto yang terbuat dari kayu ludes terbakar, Rabu (6/11/2019).

IM.com – Rahmad Afandi dan Sutikno, dua warga Dusun Kepuhsawo, Desa Mojorejo, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto tak pernah menyangka asetnya ludes hanya dalam beberapa jam. Kebakaran hebat telah membakar habis rumah mereka dan seluruh aset yang ada di dalamnya, Rabu pagi (6/11/2019).

Api mulai berkobar di rumah milik Afandi sekitar pukul 09.30 WIB saat pemiliknya  sedang pergi. Api dengan cepat melahap seluruh bagian rumah yang terbuat dari kayu.

Demikian pula barang berharga yang ada di dalam rumah juga ikut terbakar habis. Aset berharga itu antara lain satu unit sepeda motor, uang tunai sebesar 16 juta, BPKB sepeda motor, sartifikat tanah, kartu identitas dan juga perhiasan senilai kurang lebih satu juta rupiah.

Sementara di rumah Sutikno, kebakaran meludeskan uang tunai Rp 5 juta dan perhiasan emas senilai Rp 1 juta. “Tidak ada korban jiwa,” ungkap Subiyanto.

Ia mengaku masih menyelidiki penyebab kebakaran di rumah Rahmad dan Sutikno. “Dugaan sementara karena korsleting listrik di dapur rumah korban,” tandasnya.

Dugaan sementara, api berasal dari hubungan arus pendek (korsleting) listrik. Dari keterangan sejumlah saksi api berkobar dari dapur rumah Rahmad Afandi yang disertai ledakan diduga berasal dari tabung elpiji.

“Saksi melihat kepulan asap hitam dan ledakan tabung elpiji dari dapur rumah (Rahmad Afandi). Saat dicek apinya sudah membesar dan mulai merambat ke rumah di milik saudaranya, Sutikno,” kata Kapolsek Jetis, Kompol Subiyanto.

Mengetahui api membesar, warga bergegas berusaha memadamkan api menggunakan mobil tanki air sembari menunggu petugas pemadam kebakaran tiba.

“Setelah itu, tiga mobil pemadam kebakaran dari BPBD datang ke lokasi,” ucapnya.

Api baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 11.30 WIB. Api berhasil dipadamkan setelah tiga unit mobil pemadam kebakaran dari BPBD kabupaten Mojokerto dan 1 dari kota Mojokerto diterjunkan ke lokasi. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here