Salah satu perempuan, Siti Silfiyah (Kades Sumberjati, Jatirejo) mewarnai 251 kades terpilih yang dilantik Plt Bupati Mojokerto Pungkasiadi di Pendapa Graha Majatama, Senin siang (9/12/2019). Foto: Martin

IM.com – Plt Bupati Mojokerto, Pungkasiadi melantik 251 Kepala Desa (Kades) Mojokerto terpilih hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkada) serentak 2019 di Pendapa Graha Majatama, Senin siang (9/12/2019). Sebanyak 251 kepala desa baru ini diharapkan mampu melaksanakan kewenanganya dengan bijaksana dan memahami kebutuhan warga di desanya.

Ada 22 kades perempuan yang terpilih pada Pilkades 23 Oktober 2019 lalu. Mereka antara lain dua kades di Kecamatan Jatirejo, yakni Siti Silfiyah (Kades Sumberjati) dan Suhartini (Desa Karangjeruk) serta Kades Kebondalem, (Kecamatan Mojosari) Nanik Nur Hayati.

Sementara 229 kades lainnya adalah laki-laki. (Baca: Ini Hasil Lengkap Pilkades Serentak 2019 di Kabupaten Mojokerto)

Plt Bupati Mojokerto Pungkasiadi mengawali acara pelantikan dengan pembacaan sumpah jabatan. Lalu  penandatanganan surat keputusan (SK) serta penyematan tanda jabatan secara simbolis diwakilkan pada Suhartono, Kepala Desa Wringinrejo, Kecamatan Sooko.


Foto: Martin
Kades Bicak Trowulan, Yunita Dwi Ratnasari yang ikut dilantik Plt Bupati Mojokerto Pungkasiadi. Foto: Martin

Kemudian seluruh Kades secara bergiliran dari masing-masing Kecamatan menerima SK dari Plt Bupati Mojokerto.

“Bekerjalah dan laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh. Penuhi tanggung jawab sesuai kewenangan, fungsi dan tugas saudara. Terus jalin komunikasi yang baik dan harmonis dengan lembaga, baik di desa maupun lembaga lain yang terkait dengan sistem pemerintah desa,” pinta Pungkasiadi.

Pungkasiadi menyampaikan, seorang kepala desa tidak saja mendapatkan legitimasi sebagian besar masyarakatnya, tetapi juga harus mempunyai kemampuan manajerial yang efisien dan efektif.

“Kepala desa mengemban amanat yang tidak ringan. Kepala desa harus mampu menjawab tantangan pembangunan yang semakin kompleks,” ujar Pungkasiadi.

Acara ini juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto, Ayni Zuroh, Komandan Korem 082/CPYJ Kolonel Arm Ruly Candrayadi  beserta jajaran Forkopimda. (rei/im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here