Rapat Koordinasi Pemenangan Pilkada Serentak 2020 DPD PDIP Jatim.

IM.com – Teka-teki siapa saja calon kepala daerah yang akan diusung PDI Perjuangan pada Pilkada serentak 2020 di Jatim segera terjawab, pekan depan. Namun PDIP hanya akan mengumumkan paling banyak empat pasangan calon dari 19 bakal calon kepala daerah di Jatim.

Nama-nama bakal calon itu akan diumukan pada Rapat Kerja Nasional 10-11 Januari 2020. Pengumuman akan disampaikan langsung oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri

“DPP (Dewan Pimpinan Pusat) yang mengumumkan saat Rakernas (Rapat Kerja Nasional). Kalau tidak tanggal 10 ya tanggal 11 (Januari 2020),” kata Sekretaris PDIP Jatim Sri Untari Bisowarno.

Dari tiga atau empat pasangan calon kepala daerah di Jatim itu yang akan diumumkan itu apakah termasuk bakal Calon Bupati Mojokerto? Untari enggan membocorkannya.


“Tunggu saja, nanti,” ujar Anggota DPRD Jatim itu.

Yang jelas, lanjut Untari, mereka yang sudah mengantongi rekom DPP tersebut berasal dari daerah yang telah melewati survei elektabilitas dan popularitas bakal calon. Artinya, pasangan bakal calon yang diumumkan tersebut dinilai DPP paling siap.

“Ada 12 kabupaten/kota yang hasil surveinya sudah diserahkan PDIP pusat. Sisanya, tujuh daerah, masih dalam proses survei oleh lembaga survei yang ditunjuk partai,” jelasnya.

Terkait rekomendasi untuk pasangan calon, politisi asal Kota Malang itu menyebutkan, hal itu mutlak kewenangan penuh DPP PDIP. Pengurus di daerah cuma memberi usulan dan laporan berdasarkan pengamatan.

“Usulan dari daerah ke DPP selain nama dan hasil survei bakal calon, juga situasi politik di daerah penyelenggara Pilkada,” demikian politisi asal Kota Malang ini.

Sebagai catatan, DPD PDIP Jatim telah menerima 129 orang kandidat yang melamar menjadi bakal calon kepala daerah di Pilkada serentak 2020. Tujuh kandidat di antaranya untuk Pilkada Kabupaten Mojokerto.

Dari tujuh kandidat, sang Ketua DPC yang juga Plt Bupati Mojokerto Pungkasiadi bisa dianggap memiliki kans paling besar di antara enam pendaftar lain untuk menggenggam rekom dari PDIP. Selain Pungkasiadi, ada juga Purwo Santoso, PNS Dinas Pendapatan Pemprov Jatim.

Serta lima pendaftar lain yang masuk bursa bakal calon wakil bupati yakni Ketua Koni Kabupaten Mojokerto Firman Effendi, Kepala Desa Mojodadi Kecamatan Kemlagi Agus Suprayitno. Lalu dua pengusaha kontraktor yaitu Kustanto dan Sunarto serta nggota DPRD Kota Mojokerto M. Rizky Fauzy Pancasilawan. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here