Kapolresta Mojokerto, AKBP Bogiek Sugiyarto saat launching Satpas Prototype di Jalan Kemasan, Prajurit Kulon, Kota Mojokerto, didampingi Kapolres Mojokerto, AKBP Feby DP Hutagalung serta Forkopimda. FOTO: Martin.

IM.com – Kapolresta Mojokerto, AKBP Bogiek Sugiyarto terus berupaya meningkatkan pelayanan publik dalam pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) baru atau perpanjangan. Untuk itu, Polresta melucurkan sistem First In Fisrt Out (FIFO) di Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) Prototype, Jalan Kemasan, Prajurit Kulon, Kota Mojokerto.

“Sistem FIFO ini tidak memberi kesempatan praktik pungli dan percaloan, “ ujar Kapolresta Mojokerto saat launching Satpas baru, Senin pagi (24/2/2020).

Bogiek mengatakan, dengan sistem FIFO, setiap masyarakat yang mengurus SIM di Satpas akan diberi barcode guna mengikuti alur pengurusan SIM yang sudah ditentukan. Tanpa menggunakan barcode tadi, mereka tidak bisa masuk meskipun pengantar. “Ditukar di luar pun tidak bisa, karena ini sistem,” ungkapnya.

Dengan menggunakan barcode tadi, akan tercipta antrian pengunjung secara tertib “Jadi siapa yang datang dulu maka dia selesai dulu. Makanya dengan menggunakan FIFO urutan dalam pengurusan SIM tidak akan ada saling serobot. Semuanya berdasarkan urutan kedatangan. Dibanding sebelumnya, kita tidak bisa mengontrol siapa yang datang duluan, ” ungkap Bogiek.


Sistem alur pengurusan SIM yang lebih tertib dan ditunjang berbagai fasilitas makin memberikan kenyamanan pada para pengunjung di gedung baru ini. Kapolresta Mojokerto juga optimis pengurusan SIM bisa selesai lebih cepat dibanding sebelumnya. Untuk SIM baru diestimasikan selesai sekira 10 – 15 menit, sedangkan untuk perpanjangan diestimasikan sekira 5-10 menit. “Selama antriannya tidak banyak, pengurusan SIM lebih cepat dibanding dahulu,” kata Kapolresta di Satpas Polresta Mojokerto yang dibangun di atas tanah seluas 2 hektare.

Kegiatan yang dihadiri Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari, Kapolres Mojokerto, AKBP Feby DP Hutagalung dan Ketua Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Mojokerto, Halila Rama Purnama juga mencanangkan road to Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Komitmen Bersama Service Excellent, Zero Complaint.

Juga meresmikan Container Perpustakaan Pintar Berlalu-lintas dan Program Inovasi Sriwanjana Polresta Mojokerto dan pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) Progressive Polresta Mojokerto. Kapolresta Mojokerto juga meresmikan Pos 901 Gunung Gedangan, Pos 903 Sekar Putih dan Pos 906 Benteng Pancasila. (rei/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here