IM.com – Jumlah kematian disebabkan Virus Corona (Covid-19) di Indonesia melonjak cepat. Hingga Rabu sore (18/3/2020), tercatat 19 orang meninggal dunia, meningkat sekitar 171 persen dibanding data Selasa yang masih di angka 7 kasus kematian akibat  Coronavirus.

Bahkan jumlah kematian tersebut melebihi pasien yang sembuh yakni hanya 11 orang. Ke-19 pasien positif Coronavirus yang meninggal dunia itu tersebar di tujuh rumah sakit di Indonesia.

“Kami melakukan recheck tadi pagi dan berkoordinasi dengan seluruh rumah sakit di seluruh Indonesia yang merawat kasus ini. Jumlah penderita yang meninggal 19,” kata Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto di Kantor BNPB, Jakarta, Rabu (18/3/2020).

Pasien yang meninggal tersebut dirawat di beberapa rumah sakit yang tersebar di tujuh provinsi di Indonesia. Di antaranya ialah: Bali: 1 orang. Banten 1 orang. DKI Jakarta 12 orang. Jawa Barat 1 orang. Jawa Tengah 2 orang. Jawa Timur 1 orang. Sumatera Utara 1 orang.


Yurianto mengakui, data kasus kematian sebelumnya yang simpang siur antara 5 dan 8 orang karena ada kesalahan dari pemerintah. Kesalahan itu lantaran beberapa rumah sakit belum melaporkan kasus kematian sejak Kamis pekan lalu (12/3/2020).

Seperti diberitakan sebelumnya, data yang dihimpun dari pemerintah pada Selasa pagi (17/3/2020), menyebutkan jumlah kasus Corona di Indonesia bertambah 38 menjadi 172 kasus. Dari jumlah itu, 8 orang meninggal dunia. (Baca: Unair Uji Lab Spesimen Virus Corona dari 6 Pasien di RS Surabaya).

“Kesimpulan yang kami sampaikan untuk posisi saat ini, jumlah akumulasi kasus positif 227,” tegasnya. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here