Gerbong kereta api ditempeli banner kampanye pencegahan virus corona (Covid-19).

IM.com – Semua pihak tengah bahu membahu mencegah penyebaran wabah virus corona (Covid-19) meluas, termasuk PT Kereta Api Indonesia. Langkah yang ditempuh perusahaan plat merah itu adalah dengan mengurangi rute pemberangkatan Kereta Api (KA) di beberapa stasiun, salah satunya di Mojokerto.

Rute perjalanan KA yang dibatasi adalah tujuan Bandung. Total ada enam lokomotif KA tujuan Bandung yang kini diparkir di stasiun yakni KA eksekutif Argo Wilis, Turangga dan Mutiara serta KA ekonomi-premium Pasundan.

“Enam KA itu tidak melayani perjalanan sementara terhitung mulai Minggu (29/3) hingga Selasa besok (31/3/2020),” kata Kepala Stasiun Mojokerto Wahyudi Cahyadi, Senin (30/3/2020).

Dengan demikian, rencana keberangkatan rute tujuan Bandung pada hari ini dan Selasa besok terpaksa dibatalkan. Bagi penumpang yang terlanjur beli tiket, lanjut Wahyudi, bisa melakukan  refund (pengembalian uang).

“Akan dikembalikan utuh tanpa potongan,” ujar Wahyudi.

Wahyudi juga mengingatkan, bahwa pengurangan dan pembatalan perjalananan ini masih akan berlaku untuk beberapa rute lain di waktu-waktu mendatang. Ia menjelaskan, selama April 2020, pengurangan ruet keberangkatan akan diterapkan untuk KA Gaya Baru jurusan Surabaya-Jakarta dan KA Logawa tujuan Purwokerto.

Menurut Wahyudi, upaya KAI menekan mobilitas juga dilakukan dengan memangkas durasi pemesanan tiket. Kalau sebelumnya tiket bisa dipesan 90 hari sebelum keberangkatan, maka kali ini pembelian tiket hanya dijatah maksimal 30 hari sebelum pemberangkatan.

“Jadi uuntuk pemesan tiket ditekankan 30 hari sebelumnya,” terangnya.

Pembatalan perjalanan KA itu, terang WAhyudi, sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona, namun tidak sampai berpengaruh terhadap operasional armada KA lainnya. Baik jam keberangkatan maupun rute, tidak ada yang mengalami perubahan.

“Selain KA yang dibatalkan, semuanya tetap normal,” terangnya. (im)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here