Enam Stadion untuk Piala Dunia U-21 Tahun 2020 yang Dipilih PSSI
Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-21 tahun 2021. Pertempuran kesebelasan negara akan berlangsung di enam kota di Indonesia

IM.com – Kalau tidak ada perubahan, Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-21 tahun 2021. Pertempuran kesebelasan negara akan berlangsung di enam kota di Indonesia. Agenda itu ditunjukkan dengan penetapan enam Stadion di enam kota.

“Penetapan enam stadion di enam kota itu, suratnya sudah dikirimkan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Kami memberitahukan dan memohon dilakukan revitalisasi pada Kementerian,” kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di Kantor PSSI, Jakarta, Jumat (26/06/2020) malam.

Keenam stadion yang akan menjadi arena pertempuran kesebelasan negara, menurut ia, terdiri dari Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta, Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar).

Dikatakan, stadion-stadion tersebut menjadi representasi dari beberapa wilayah di Indonesia. Telah berpengalaman menggelar pertandingan-pertandingan internasional, seperti Asian Games 2018.

Berdasar pada semua kelebihan itu, kami meminta, Kementerian PUPR segera merevitalisasi stadion-stadion tersebut. Khusus untuk stadion seperti GBK dan Manahan, cukup dilakukan sedikit  perbaikan.

Selain itu, stadion-stadion tersebut juga perlu dilengkapi lima stadion di sekitarnya Untuk digunakan sebagai tempat latihan tim peserta dan wasit.

Pria yang karib dipanggil Iwan Bule itu berharap, pemerintah dan Kementerian PUPR dapat segera menyelesaikan pembangunannya. Ini karena waktu penyelenggaraan sudah mendesak. Targetnya bulan Februari atau Maret 2021 sudah bisa selesai, sehingga PSSI berkesempatan melakukan evaluasi fasilitas stadion selama dua bulan, sebelum Piala Dunia U-20 digelar pada 20 Mei-12 Juni 2021.

Sebelum menentukan enam stadion tersebut, diakui, PSSI mengajukan 11 kandidat stadion untuk Piala Dunia U-20. Dengan ditetapkannya enam stadion, maka lima stadion yang tidak terpilih adalah Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Mandala Krida (Yogyakarta), Stadion Wibawa Mukti (Bekasi), Stadion Patriot Candrabhaga (Bekasi) dan Stadion Utama Riau (Pekanbaru).

Selain stadion, PSSI juga menyiapkan tim nasional untuk Piala Dunia U-20 tersebut. Skuat yang diproyeksikan untuk kejuaraan itu adalah timnas U-19 asuhan manajer pelatih timnas Shin Tae-yong. Tim ini akan berlaga di Piala Asia U-19 tahun 2020 di Uzbekistan, 14-31 Oktober 2020 . (ima)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here