Aktivis lingkungan dan Ecoton Indonesia berdemonstrasi di depan Kantor PT Wings Surya, Jalan Embong Malang, Surabaya, Selasa (14/7/2020), dengan membentangkan spanduk tuntutan atas pencemaran Kali Surabaya akibat sampah plastik kemasan sachet produksi perusahaan tersebut.

IM.com – Ecoton Indonesia menuntut PT Wings Surya bertanggung jawab atas pencemaran air sungai Kali Surabaya yang melintasi Mojokerto, Gresik dan Sidoarjo. Tumpukan sampah bungkus sachet plastik produksi pabrik tersebut hampir di seluruh bantaran sungai Kali Surabaya menyebabkan air PDAM di empat daerah tercemar.

Data hasil riset Ecoton menemukan, sebanyak 47 persen sampah yang teronggok di bantaran Kali Surabaya merupakan kemasan plastik sekali pakai seperti bungkus sachet produk Wing Surya. Dari hasil penelitian itu pula, Ecoton menyimpulkan PT Wings Surya ada di daftar tiga teratas industri produk yang menghasilkan banyak sampah.

“Kami menuntut PT Wings Surya bertanggung jawab atas sampah plastik sachetnya. Sampah produknya banyak, jadi pencemaran terbesar di sungai,” demikian Ecoton Indonesia dalam rilisnya, Selasa (14/7/2020).

Tuntutan itu disampaikan dalam aksi unjuk rasa di depan kantor Wings Surya, Jalan Embong Malang, Surabaya. Menurut Ecoton, perusahaan produk-produk minuman, bahan dapur dan rumah tangga ini mengabaikan potensi timbulnya mikroplastik dari sampah kemasan produk sachetan.


“Untuk itu, kami menuntut enam hal. Pertama, membersihkan (Clean Up) sampah-sampah sachet dan packaging (kemasan) produksi PT Wings Surya yang terapung dan teronggok dibantaran Kali Surabaya,” tulis Ecoton.

Kedua, Ecoton meminta Wings Surya mendesain ulang kemasan dengan memperhatikan kesehatan lingkungan. Perusahaan diminta tidak lafu menggunakan kemasan plastik sachet untuk bungkus produknya.

“Karena kemasan sachet merupakan Multilayer yang sulit didaur ulang,” tandasnya.

Ketiga, PT Wings harus mengelola sampah produknya sendiri. Tuntutan ini mengacu UU No.18 tahun 2008. Keempat, produsen produk kemasan sachet harus menyediakan tempat pembuangan sampah khusus yang masuk kategori sampah residu.

Kelima, mencari bahan pengganti agar tidak lagi menggunakan plastik sekali pakai atau mencari cara lain dalam delivery product. Seperti penyediaan sarana Refill.

“Terakhir, mengedukasi konsumen PT.Wings Surya untuk mencantumkan himbauan dalam sachet agar tidak membuang sampah ke sungai,” demikian Ecoton. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here