Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari meninjau salah satu produk IKM saat peluncuran di sebuah minimarket di Jalan Banteng Pancasila, Kamis (24/9/2020) kemarin.

IM.com – Wali kota Mojokerto Ika Puspitasari meluncurkan sejumklah produk Industri Kecil Menengah (IKM) di sebuah minimarket di Jalan Benteng Pancasila, Kamis (24/9/2020). Penjualan produk-produk tersebut di pasar modern untuk mendukung IKM Kota Mojokerto terutama dalam menghadapi goncangan krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Pemerintah Kota Mojokerto memang berkomitmen agar produk-produk IKM bisa dijual di pasar modern. Hal ini bagian dari upaya Pemkot dalam membangun ekonomi kerakyatan.

“Pembangunan ekonomi kerakyatan merupakan bagian terpenting yang harus kita upayakan dan kita sinergikan dengam seluruh stakeholder maupun berbagai pihak swasta,” kata Walikota Mojokerto Ika Puspitasari.

Ada 9 produk IKM yang mampu masuk pasar modern antara lain Keripik Ceker Bondo Dungo, Bu Sahid Kerupuk Ikan Tengiri, Aku Tahu Chips, Paru Vegan Keripik Daun Singkong Original. Kemudian Faza Snack Keripik Pisang, Ranti Jaya Onde-onde Ketawa, Rafda Sambel Kering Kentang Khas Mojokerto, Brawijaya Kacang Telur Original dan Bintang Anugerah Kripik Cassava.


Selain makanan ringan ada juga beberapa kue basah yang dijual di gerai pasar modern ini seperti kue lapis, lemper, lumpia, nugget ayam,onde-onde, pandan keju, pukis, risoles, sosis solo dan tahu bakso.

“Ke depan tidak hanya produk dari 9 IKM yang mampu masuk toko modern tetapi juga produk-produk lainnya juga bisa menambah jumlah untuk dikurasi di toko modern. Saya juga ingin memberi semangat pada pelaku usaha kecil dan mikro yang ada di Kota Mojokerto jangan patah semangat, jangan berkecil hati semua serba sulit di era pandemi,” ujarnya.

Walikota yang karib disapa Ning Ita menyatakan, pemkot memberikan sokongan penuh kepada pelaku UKM maupun IKM. Antara lain dalam bentuk pendampingan dan pelatihan.

“Dengan begitu, produk-produk yang dijual tidak hanya memiliki kualitas atau rasa, tetapi dapat lebih dikenal karena brandingnya, kemasannya. Kami juga memberikan pelatihan bagaimana mengelola keuangan IKM agar usaha lebih menguntungkan,” tuturnya. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here