Aksi seorang ibu yang menggendong balita saat mencuri motor milik penghuni kos di Dusun Wonokoyo, Desa Sumbertanggul, Kecamatan Mojosari, Mojokerto.

IM.com – Kasus emak-emak mencuri motor sambil menggendong balita di Dusun Wonokoyo, Desa Sumbertanggul, Kecamatan Mojosari, Mojokerto, Selasa (13/4/2021) lalu, berakhir damai. Pihak korban memafkan perbuatan pelaku karena kasihan.

Pelaku, Wiwin (40) ialah seorang janda dengan satu anak yang masih balita asal Desa Mojotamping, Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto. Polsek Mojosari mengamankan WI beserta barang bukti motor curiannya pada Sabtu (17/4/2021) malam.

Dalam pemeriksaan, pelaku mengaku terpaksa mencuri motor Honda Beat warna merah AG 4916 ZN milik penghuni kos di Dusun Wonokoyo, Aulia Nur Pratiwi, karena himpitan ekonomi dan untuk biaya pengobatan bayinya yang sedang sakit.

“Jadi rencananya, hasil mencuri itu akan dipakai untuk beli susu dan biaya berobat bayinya yang berusia sekitar satu tahun karena sakit tipes, demam tinggi,” ungkap Kapolsek Mojosari, Kompol Heru Purwandi, Selasa (20/4/2021).


Kondisi pelaku itu menggugah rasa iba petugas kepolisian. Mereka bahkan sempat membelikan susu dan membawa bayi pelaku ke rumah sakit untuk berobat.

“Kami mengutamakan sisi kemanusiaan dan mengupayakan agar kasus ini dapat diselesaikan secara kekeluargaan. Anggota saya justru sempat membawa anak pelaku ke rumah sakit karena memang sedang sakit kondisinya saat itu demam,” ungkap Heru.

Rasa iba pun menghampiri korban Aulia Nur Pratiwi. Sehingga ia memutuskan untuk tidak memperpanjang kasus pencurian motornya.

“Semua pihak yang terkait diminta menandatangi surat pernyataan kasus ini telah diselesaikan secara kekeluargaan,” tutur Heru.

Diberitakan sebelumnya, seorang ibu terekam CCTV sedang mengendarai motor Honda Mio biru sembari menggendong balita dan membonceng seorang perempuan. Gerak-gerik mereka terekam beberapa saat sebelum dan sesudah peristiwa pencurian sepeda motor di parkiran rumah kos Dusun Wonokoyo, Desa Sumbertanggul, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto, pada Selasa (13/4/2021) sekitar pukul 10.00 WIB.

(Baca: Aksi Dua Perempuan Gendong Balita Curi Motor Tertangkap CCTV).

Berdasar pengamatan dari rekaman CCTV dan penelusuran di lapangan, warga bersama kepolisian mengenali mereka adalah warga Desa Mojotamping, Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto. Dari identifikasi tersebut, tak butuh waktu lama bagi kepolisian untuk mengamankan pelaku pada Selasa malam. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here