Emak-emak menggendong balita mengendarai motor warna biru dan membonceng perempuan mudah saat berangkat melakukan aksi pencurian. Kemudian usai menjalankan aksinya, dalam rekaman CCTV lain terlihat perempuan itu mengendarai motor Honda Beat merah yang diduga hasil curian.

IM.com – Seorang ibu melakukan pencurian motor dengan menggendong balita di Desa Sumbertanggul, Kecamatan Mojosari, Mojokerto, Selasa (13/4/2021). Modusnya, pelaku pura-pura menanyakan tarif sewa kos-kosan untuk mengembat motor milik penghuninya.

Aksinya tertangkap kamera CCTV di sekitar tempat kejadian perkara. Dalam rekaman terlihat, emak-emak menggendong balita dan membonceng seorang perempuan muda dengan sepeda motor warna biru.

Dua orang ini kemudian berhenti di sebuah rumah kos untuk menanyakan tarif kamas kos. Dengan cara itu, pelaku bisa masuk ke dalam kos untuk melihat-lihat situasi dalam kamar.

Usai mengecek kamar kos, perempuan paruh baya dan muda itu kemudian pergi. Tak berselang lama, keduanya kembali dan mengembat motor Honda Beat warna merah milik salah satu penghuni kos yang diparkir di bawah pohon mangga.


Korban Aulia Nur Pertiwi (26), salah satu penghuni kos asal Desa Sukokidul, Kecamatan Pule, Trenggalek kemudian mengadukan peristiwa ini ke pemilik kos Endang. Laporan diteruskan ke Polsek Mojosari.

Petugas pun bergerak melakukan penyelidikan dengan mengidentifikasi pelaku melalui rekaman CCTV di toko bangunan yang berada di sekitar TKP. Berdasar rekaman CCTV itu, warga berhasil mengenali dua perempuan yang melakukan aksi pencurian adalah Lasinah dan Wiwin, warga Dusun Mlaten, Desa Mojotamping, Kecamatan Bangsal.

“Aksi pelaku terekam kamera CCTV milik warga sekitar dan CCTV toko bangunan di sekitar lokasi, dekat Jalan Raya Desa Sumbertanggul,” ujarnya.

Petugas akhirnya berhasil menangkap kedua pelaku dan mengamankan sepeda motor Honda Beat warna Biru, pada Selasa (13/4/2021) malam.

Menurut keterangan warga, pelaku emak-emak yang menggendong balita mengaku tidak tahu apa-apa terkait aksi pencurian tersebut. Perempan bernama Lasinah itu berdalih hanya dibayar Wiwin untuk mengantarkannya ke lokasi pencurian.

Namun dari rekaman CCTV di lokasi lain terlihat Lasinah mengendarai motor Honda Beat warna merah hasil curian. “Kedua pelaku dan barang bukti sudah diamankan ke Polsek Mojosari,” ujar Sulis, tetangga kos. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here