IM.com – Komandan Korem 082/CPYJ Kolonel Inf M. Dariyanto, Dandenpom V/2 Mojokerto Letkol Inf Sucipto, Forkopimda Kabupaten Mojokerto dan Perwira Staf Korem 082/CPYJ menyambut kedatangan Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Darat (Danpuspomad) Letnan Jenderal TNI Chandra W Sukotjo, M.,Sc dan Istri beserta rombongan di Pendopo Agung Trowulan Kabupaten Mojokerto. Sabtu (12/6/2021)

Kedatangan orang nomor satu di Korp Polisi Militer Angkatan Darat dalam kunjungan kerja sekaligus napak tilas sebagai bagian dari rangkaian HUT ke -75 Polisi Militer Angkatan Darat.

Kawasan Trowulan diyakini banyak pihak sebagai pusat pemerintahan Kerajaan Majapahit sehingga banyak situs-situs peninggalan Majapahit yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Pangadam V/Brw dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kasdam V/Brw Brigjen TNI Agus Seriawan, SE mengatakan, ucapan permohonan maaf dari Pangdam V/Brw yang tidak bisa hadir karena sedang mendampingi Panglima TNI di Bangkalan.

Pendopo Agung Trowulan merupakan aset Kodam V/Brawijaya dalam penangannya diserahkan kepada Danrem 082/CPYJ.

Disini banyak menyimpan benda-benda purbakala serta sejarah kebesaran kerajaan Majapahit, salah satunya tempat diikrarkannya Sumpah Amukti Palapa oleh Patih Gajah Mada.

Sementara itu Danpuspomad Letjen TNI Chandara W Sukotjo, M.,Sc menyampaikan kegiatan ini merupakan rangkaian HUT POMAD ke -75. “Pemilihan Pendopo Agung Trowulan menjadi pilihan tempat Napak Tilas dengan tujuan menggali nilai-nilai kebesaran Kerajaan Majapahit dengan Maha Patih Gajah Mada yang mampu mempersatukan Nusantara ,” ujar jenderal bintang tiga.

Komandan Korem 082/CPYJ mengatakan Pendopo Agung Trowulan berada di area seluas 2 hektar terletak di Desa Trowulan, Kecamatan. Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

“Pemilihan Pendopo Agung Trowulan sebagai lokasi Napak Tilas dalam rangka HUT ke 75 POMAD adalah hal yang tepat karena di tempat ini diyakini sebagai tempat diikrarkannya Sumpah Amukti Palapa oleh Maha Patih Gajah Mada dan kita ketahui bahwa Gajah Mada sebagai Maskot POMAD “jelas Danrem.

Pendopo Agung Trowulan merupakan aset Kodam V/Brawijaya dalam pengelolaannya menjadi tanggung jawab Korem 082/CPYJ.

Pendopo Agung Trowulan didirikan pada dekade 1960 – 1970 atas prakasa Pangdam V/Brw pada waktu itu, yang kemudian direalisasikan oleh Danrem 082/CPYJ Kolonel Inf Sampoerno (Alm).

Kegiatan di Pendopo Agung Trowulan di awali  penandatanganan Prasati Patung Gajah Mada, peninjauan Puser Bumi, Makam Panggung dan Penanaman pohon.

Setelah kegiatan di Pendopo Agung Trowulan, dilanjutkan peresmian Mushola, pembagian sembako dan wisata edukasi ke tempat-tempat candi di kawasan Trowulan.

Ikut dalam rombongan Danpuspomad, Letnan Jenderal TNI (Purn) Dodik Wijanarko, S.H.,C.Fr.A, Danpuspom TNI Mayjen TNI Edy Rate Muis, Wadan Puspomad Mayjen TNI Rudi Yulianto, Dan PMPP Mayjen TNI Viktor H Simatupang., M.Bus, Kolonel Purn Edi Pattinasarane dan para Dandenpom jajaran Pomdam V/Brawijaya. (penrem 082

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here