Wakapolresta Mojokerto Kompol Iwan Sebastian bersama Ketua BNNK Suharsi dan pimpinan sejumlah instansi (stakeholder) terkait mencanangkan Kampung Tangguh Bersih Narkoba (KT Bersinar) di Aula Kelurahan Balongsari, Kecamatan Magersari, Kamis (17/06/2021).

IM.com – Polres Kota Mojokerto mengkampanyekan Kampung Tangguh Bersih Narkoba untuk memperkuat upaya pemberantasan peredaran narkotika. Bukan sekadar jargon, pencanangan KT Bersinar sebagai komitmen upaya kolaboratif semua pihak dalam aksi nyata mencegah dan memerangi segala bentuk penyalahgunaan zat adiktif di Kota Onde-Onde.

Kampung Tangguh Bersih Narkoba (KT Bersinar) diluncurkan Polresta Mojokerto, BNNK, Kodim 0815, Pemerintah Kota dan segenap instansi terkait di Aula Kelurahan Balongsari, Kecamatan Magersari, Kamis (17/06/2021). Pencanangan KT Bersinar sekaligus menindaklanjuti instruksi  Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo agar jajaran kepolisian bekerja lebih giat dalam memutus mata rantai peredaran narkoba di Indonesia.

“Keterlibatan elemen masyarakat yang aktif baik secara personal maupun kelompok, berkolaborasi antara Polri, TNI, dan pemerintah kota dalam pemecahan permasalah penyalagunaan narkoba ” kata Wakapolresta Mojokerto Kompol Iwan Sebastian.

Iwan menyampaikan tugas pemberantasan narkoba bukan hanya penindakan, tetapi juga pencegahan yang harus melibatkan stakeholder terkait. Dengan wadah KT Bersinar, lanjutnya, diharapkan Kota Mojokerto dapat segera bersih dari narkoba.


“Komunikasi serta kordinasi yang baik, tentunya kolaborasi dalam pemberantasan dan pencegahan narkoba dapat terlaksana dengan baik. Sehingga Kota Mojokerto bahkan Jawa Timur bisa zero narkoba, ribuan anak bangsa dapat terselamatkan, pemulihan ekonomi nasional suatu daerah dapat berjalan dengan baik, menuju Indonesia bebas narkoba,” terangnya.

Dalam peresmian Kampung Tangguh Bersih Narkoba ini, Wakapolresta memakaikan rompi anti narkoba serta dilakukan tes urine terhadap barisan pemuda KT Bersinar. Di tempat itu juga terdapat ruang konsultasi dan rehabilitasi narkoba, dan perpustakaan mini.

“Semua upaya tersebut sebagai bentuk partisipasi penuh untuk keberhasilan program kampung tanguh bebas narkoba. Dilakukan juga penyerahan bantuan sembako dan APD kepada Lurah Balongsari,” tandasnya.

Selain Wakapolresta, peluncuran KT Bersinar dihadiri Kapolresta Mojokerto juga dihadiri Kepala Lapas kelas IIB Mojokerto, Kepala BNNK Kota Mojokerto, Kajari Kota Mojokerto, Bakesbangpol Pemkot Mojokerto dan Lurah balongsari. Ada pula PJU Polresta Mojokerto Kota, Kapolsek Magersari, Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat.

“Peresmian Kampung Tangguh Bersih Narkoba ini dilaksanakan secara serentak di wilayah Jawa Timur . Kita lakukan secara berkesinambungan, dengan melibatkan stakeholder terkait,” ujar Iwan.

Sementara Kepala BNN kota Mojokerto Suharsi, S.H., M.Si juga menjelaskan kepada awak media bahwa suksesnya program kampung tanguh bersih narkoba dengan sinergritas Polri dan BNN serta masyarakat.

BNN akan memberikan suatu pembekalan IBM (intervensi berbasis masyarakat) yang akan menjadi ujung tombak dari terlaksananya kampung tanguh bersih narkoba.

“BNN akan memberikan asistensi dan pembekalan kepada masyarakat sebagai antisipasi awal pemberantasan narkoba,” tutur Suharsi. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here