Warga berkerumun di pintu gerbang Mapolres Mojokerto di Jalan Gajah Mada, Mojosari, Kabupaten Mojokerto, untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 massal, Sabtu (26/6/2021).

IM.com – Antusiasme masyarakat Kabupaten Mojokerto mengikuti vaksinasi Covid-19 cukup tinggi. Ratusan warga berdatangan ke Mapolres di Jalan Gajah Mada, Mojosari, untuk mendapat jatah suntuk vaksin, Sabtu (26/6/2021).

Polres Mojokerto menggelar vaksinasi Covid-19 massal dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke75. Kegiatan ini bekerjasama dengan 14 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas dan Palang Merah Indonesia (PMI).

“Kami melaksanakan vaksinasi dengan sasaran seribu warga masyarakat yang ada di Kabupaten Mojokerto. Untuk mensukseskan vaksinasi serentak Republik Indonesia,” tutur Kapolres Mojokerto, AKBP Dony Alexander.

Untuk menarik animo warga, beberapa Forkopimda Kabupaten Mojokerto mengenakan pakaian adat. Polres juga menyediakan bingkisan berisi mie gelas dan sebotol snack bagi warga yang mengikuti vaksinasi.


“Kami sengaja menggunakan beberapa baju nasional sesuai dengan Bhineka Tunggal Ika dan juga keanekaragaman Indonesia,” ujar Dony.

Ratusan warga dari berbagai wilayah kecamatan mulai membanjiri halaman Mapolres Mojokerto sejak Sabtu pagi sekitar pukul 07.00 WIB. Sementara puluhan petugas kepolisian berjaga di pintu gerbang Polres Mojokerto dan luar gerbang untuk mengurangi penumpukan massa.

Warga yang telah mendapatkan nomor antrean langsung diminta untuk segera masuk dan duduk menunggu di tenda yang telah disediakan. Sempat terjadi kerumunan saat mereka hendak memasuki pintu gerbang dan ketika mengantre menunggu giliran disuntik vaksin.

Aparat kepolisian dan TNI yang berjaga tampak mengatur jarak antrean peserta vaksin agar tidak berdempetan. Setelah itu, mereka diarahkan untuk mencuci tangan kemudian akan diarahkan menuju tenda untuk pengecekan kesehatan dan vaksinasi.

Dalam kegiatan tersebut, Polres menerjunkan 10 vaksinator dari Polres Mojokerto yang membantu petugas dari Puskesmas dan PMI untuk memberikan vaksin kepada warga. Untuk pemberian vaksin dosis kedua, polres akan mengirimkan pesan SMS (pesan singkat) dan WhatsApp kepada warga yang sudah mengikuti vaksinasi tahap pertama ini.

“Jumlah tenaga vaksinator dari Internal Polri ada 5, dibantu dari bapak Kapolda juga 5 dan bersinergi dengan UPT Puskesmas yang tersebar di 14 Kecamatan,” terang mantan Kapolres Pasuruan ini. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here