Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta bersama Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto didampingi Bupati Ikfina Mojokerto Ikfina Fahmawati, Kapolres AKBP Dony Alexander, Dandim 0815, Letkol Inf Mawan Sutanto saat mengecek gerai vaksin Covid-19 di Mapolres Mojokerto, Senin (28/6/2021).

IM.com – Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Jawa Timur tercatat sukses dengan capaian sejauh ini sebesar 73 persen. Untuk Kabupaten Mojokerto, antusiasme masyarakat menerima penyuntikan vaksin tergolong tinggi dalam beberapa hari terakhir.

Hal ini disampaikan Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta saat mengecek gerai vaksin bersama Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto di Mapolres Mojokerto, Senin (28/6/2021). Pendirian gerai tersebut sebagai salah satu upaya TNI, Polri dan pemerintah dalam mempercepat vaksinasi Covid-19.

Kapolda mengatakan, capaian vaksinasi Covid-19 di wilayahnya sudah menembus 73 persen. Dari 9.164.810 dosis vaksin yang diterima, 6.645.051 dosis telah disuntikkan ke warga Jatim. Meliputi SDM Kesehatan, petugas pelayanan publik, TNI-Polri dan lansia.

“Kami mengalami kesulitan untuk lansia. Namun, dengan adanya Permenkes untuk lansia yang semula 60 tahun diubah menjadi 50 tahun ke atas sehingga kami akan mengubah target-targetnya. Harapannya target 100 persen segera tercapai. Harapan kami 1 Juli semua bisa kita nilai, bisa kita lihat, kita evaluasi apakah target yang kita inginkan bisa tercapai,” kata Nico didampingi Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander, Bupati Ikfina Fahmawati dan Dandim 0815 Letkol Inf Dwi Mawan Sutanto.

Nico menjelaskan, Polda Jatim juga mendapat tugas untuk membantu percepatan vaksinasi COVID-19. Sedikitnya 117.000 dosis vaksin dari pemerintah pusat telah didistribusikan ke seluruh Polres jajaran. Oleh sebab itu, Gerai Vaksin Presisi dibuka di semua polres.

“Sehingga kami berkoordinasi dengan Bapak Pangdam, seluruh jajaran di bawah. Perintah dari pimpinan kami laksanakan dengan sinergitas TNI-Polri dan Pemprov Jatim dan tentunya di bawah diikuti bupati, wali kota yang didukung penuh Dandim dan Kapolres,” terang Nico.

Percepatan vaksinasi Covid-19, lanjut Nico, diharapkan membentuk herd immunity di masyarakat. Oleh sebab itu, ia mengimbau warga Jatim yang belum divaksin segera datang ke Gerai Vaksin Presisi.

“Harapan kami seluruh jajaran segera berkoordinasi dan bersinergi untuk melaksanakan perintah pimpinan kita ini. Harapannya di masyarakat timbul herd immunity sehingga semua kita bisa cepat melewati akibat COVID-19,” tegasnya.

Polres Mojokerto sendiri membuka Gerai Vaksin Presisi sejak Sabtu (26/6). Sampai sore ini, 2.150 warga Bumi Majapahit sudah disuntik dosis pertama vaksin Covid-19. (im)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here