Buaya diduga satwa yang sudah ditangkap warga dan dilepasliarkan ke Sungai Brantas beberapa waktu lalu kembali muncul di Sungasi Sadar, Desa Sukoanyar, Kecamatan Ngoro, Mojokerto, Jumat (2/7/2021).

IM.com – Seekor buaya kembali muncul di Sungai Sadar Desa Sukoanyar, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto. Kali ini, satwa liar itu terlihat berenang di permukaan air, dekat bebatuan di sebelah barat jembatan.

Yudhi Setiawan, warga setempat, menduga, buaya tersebut sama dengan satwa serupa yang sudah muncul, beberapa waktu lalu. Binatang karnivora yang menggegerkan warga Desa Sukoanyar itu sudah ditangkap dan dilepasliarkan lagi ke habitatnya di Sungai Brantas. (Baca: Buaya di Sungai Sadar Berhasil Ditangkap Hanya dengan Sarung).

“Sepertinya buaya yang sama yang ditangkap warga beberapa waktu lalu. Sekarang muncul lagi di sebelah barat jembatan, sempat naik ke bebatuan,” kata Yudhi, Jumat (2/7/2021).

Ia memperkirakan, buaya itu kembali ke Sungai Sadar karena sudah merasa tidak nyaman hidup di habitat aslinya. Pasalnya, kondisi Sungai Brantas sendiri saat ini sudah banyak tercemar limbah pabrik.

“Mungkin di situ gara-gara ada pembuangan sisa air cucian pabrik usus jadi ada bau anyir. Jadi buaya tidak betah, pasti muncul lagi, kayaknya memang gak mau pindah,” tandasnya.

Kapolsek Ngoro Kompol Subiyanto mengimbau masyarakat agar tidak panik dan tetap berhati-hati. Sebab kemunculan buaya di sungai adalah hal yang kerap terjadi.

“Kita imbau agar tetap berhati-hati. Kalau memang mau ditangkap ya tidak apa-apa, seperti beberapa waktu lalu, nanti akan diambil oleh BBKSDA Jatim lagi,” tuturnya. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here