Seorang warga memegang buaya berukuran panjang 2 meter yang terjaring jala penangkap ikan milik Sujoko di Sunga Sadar, Dusun Damarsi, Desa Kepuhanyr, Kecamatan Mojoanyar, Mojokerto, Selasa (6/7/2021) sore.

IM.com – Seekor buaya air tawar sepanjang 2 meter tertangkap di Sungai Sadar. Satwa liar itu tak sengaja terjaring jala milik Sujoko, warga Dusun Dusun Wonoayu, Desa Kepuhanyar, Mojokerto yang sedang mencari ikan.

Buaya jenis muara itu terjaring di Sungai Sadar, Dusun Damarsi, Desa Kepuhanyar, Kecamatan Mojoanyar, Selasa (6/7/2021) sekitar pukul 16.00 WIB. Tanpa sengaja, hewan buas itu tiba-tiba meloncat-loncat di dalam jala yang ditebar pemiliknya untuk menangkap ikan sapu-sapu sebagai pakan ternak bebek.

“Tidak sengaja, seumpama kelihatan buayanya ya tidak berani. Saya sempat terseret,” kata Sujoko kepada wartawan, Rabu (7/7/2021).

Tangkapan ini sontak membuat Sujoko kager bukan main. Ia pun meminta bantuan dua temannya untuk mengamaknkan hewan berukuran panjang 2 meter tersebut dari jala di kedalaman satu meter.


“Sejak saya kecil tidak pernah melihat buaya. Agar tidak lepas, saya dibantu dua teman menebar satu jala lagi untuk menjeratnya. Lalu kita tarik ke atas,” ujar Sujoko.

Setelah diangkat dari sungai, Sujoko bersama teman-temannya mengikat dan membawa buaya tersebut  ke desa. Ia mengatakan, satwa karnivora itu sudah dibawa Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur.

“Sudah diambil BKSDA tadi, sekitar lima orang datang ke sini,” tegas Sujoko.

Akibat kejadian ini, jala milik Sujoko rusak cukup parah. Namun pihak BKSDA mau mengganti biaya kerusakan tersebut.

Sujoko dan beberapa warga lain mengaku tak pernah melihat penampakan buaya di Sungai Sadar, Dusun Damarsi, Desa Kepuhanyar. Sebelumnya, buaya jenis yang sama muncul lagi di Sungadi Sadar, Desa Sukoanyar, Kecamayan Ngoro setelah berhasil ditangkap warga dan dilepasliarkan oleh BKSDA ke Sungai Brantas. (Baca: Buaya Muncul Lagi di Sungai Sadar Desa Sukoanyar). (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here