Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati bersama Wabup Muhammad Albarra dan jajaran Forkopimda tampak khidmat di makam Syech Jumadil Kubro, Troloyo, Desa Sentonorejo, Kecamatan Trowulan, Rabu (1/9/2021).

IM.com – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Mojokerto melakukan ziarah ke Kompleks Makam Troloyo di Desa Sentonorejo, Kecamatan Trowulan, Rabu (1/9/2021). Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati hari wafat (haul) Syech Jumadil Kubro ke-646 sekaligus meneladani  sosok wali sepuh semasa hidupnya.

Syech Jumadil Kubro merupakan sesepuh Walisongo yang memiliki andil besar di awal penyebaran Islam di Pulau Jawa. Ketokohannya terus menjadi teladan dan banyak dituturkan ulang dalam berbagai hikayat seperti babat, serat dan penuturan masyarakat meski telah meninggal dunia berabad silam, tepatnya pada tahun 1376.

“Tanpa mengurangi kekhidmatan, tahun ini rangkaian acara Haul Syech Jumadil Kubro kita laksanakan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19. Sore ini, kami bersama-sama sowan ke sini sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan kepada beliau,” tutur Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati.

Ikfina bersama Wakil Bupati Muhammad Albarra, Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander, Dandim 0815 letkol Inf Beni Asman beserta OPD, bersama-sama berziarah  ke makam Syech Umadil Kubro untuk mengenang sosoknya yang penuh keteladanan. Kegiatan reliji itu dirangkai dengan pembacaan teks kaluhuran (silsilah) Syech Jumadil Kubro, oleh Bupati Ikfina Fahmawati.


Rangkaian acara dipuncaki dengan pemotongan tumpeng dan pengajian. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here