Petugas pemadam kebakaran dibantu relawan memadamkan api yang melahap bahan baku produksi di pabrik pembuatan alat dapur dan cetakan kue di lingkungan Balonggcangkring I, Kelurahan Pulorejo, Kecamatan Prajuritkulon, Kota Mojokerto, Jumat (15/10/2021) sore.

IM.com – Kebakaran melanda pabrik cetakan kue di lingkungan Balonggcangkring I, Kelurahan Pulorejo, Kecamatan Prajuritkulon, Kota Mojokerto, Jumat (15/10/2021) sore. Sumber api diduga terpercik dari tungku bahan baku cor aluminium yang menyambar bahan bakar di dalam bangunan.

Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 15.15 WIB. Api dengan cepat melalap bahan baku pembuatan alat dapur dan cetakan kue berbahan alumunium hingga melahap atap bangunan yang terbuat dari kayu.

“Tiba-tiba api dari tungku pengecoran bahan baku aluminium menyambar bahan bakar seketika api membesar,” kata Galih Prasetyo (34), selaku penanggung jawab produksi di pabrik rumahan tersebut.

Ia menyebutkan, penyebab kebakaran diduga akibat percikan api dari tungku bahan baku cor aluminium yang menyambar oli bekas yang meleleh di lokasi. Pasalnya, saat itu memang sedang dilakukan kegiatan produksi melebur bahan baku untuk dicetak menjadi alat dapur dan cetakan kue.


“Ada lima orang yang bekerja di dalam gudang produksi,” ujarnya.

Para pekerja dibantu sejumlah warga yang kalang kabut sempat berupaya melakukan pemadaman api dengan alat seadanya. Namun si jago merah baru bisa dipadamkan setelah dua mobil PMK diterjunkan ke lokasi beberapa menit kemudian.

“Kerugian kurang lebih Rp 15 juta,” ucapnya. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here