Salah seorang warga Desa Menanggal, Kecamatan Mojosari, menunjukkan sebutir es yang jatuh di depan rumahnya, Jumat (29/10/2021). Foto kanan: Mobil Honda Jazz warna merah tertimpa pohon tumbang di Jalan Majapahit, 574, masuk wilayah Dusun/Desa Sooko, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto.

IM.com – Fenomena hujan es terjadi di Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto, Jumat (29/10/2021) sore. Pada saat yang sama, guyuran air yang deras disertai angin kencang menyebabkan pohon tumbang di beberapa titik.

Butiran es seukuran ujung jari tangan berjatuhan bersama guyuran hujan lebat sekitar pukul 15.00 WIB. Fenomena langka ini terjadi hanya beberapa menit hingga hujan mereda.

“Woo…hujan es..hujan es batu,” ujar Tika, warga Desa Menanggal, Kecamatan Mojosari. Ia sempat merekam video saat hujan turun dan menangkap beberapa butir es yang berjatuhan di depan rumahnya.

Di lokasi lain, tepatnya di Jalan Raya Mojosari-Pacet, Desa Jatilangkung, Kecamatan Pungging, sebuah pohon tumbang berdiameter 1 meter tumbang sekitar pukul 14.50 WIB.  Meski tidak menyebabkan korban jiwa atau luka, pohon yang roboh melintang di tengah jalan membuat jalur provinsi sempat ditutup total.


Petugas BPBD Kabupaten Mojokerto bersama kelompok relawan membersihkan lokasi dengan cara memotong pohon yang tumbang  menggunakan cainsow. Proses pembersihan baru selesai sekira pukul 16.40 WIB.

Sementara kejadian pohon tumbang juga terjadi di Jalan Raya Mojopahit Nomor 574, masuk wilayah Dusun/Desa Sooko, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto. Pohon menimpa mobil Honda Jazz warna merah nopol W 1855 WS dan sepeda motor Honda Scoopy yang melintas di jalan itu.

“Hujan mulai turun bersamaan angin kencang tiba-tiba pohon di pinggir jalan roboh. Pengemudinya selamat, sedangkan pengendara motor luka lecet,” ujar Andre, warga Miji, Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto, yang melihat persitiwa itu.

Petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mojokerto membersihkan puing-puing pohon yang berada persis di tengah jalan raya. Mereka memotong batang pohon memakai gergaji mesin dan diangkut menggunakan truk. Terlihat, anggota Polsek Sooko dan petugas Satpol-PP mengantisipasi kemacetan di lokasi pohon tumbang. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here