Aparat jajaran Polres Mojokerto membubarkan aksi balap liar dan mengamankan puluhan pemuda serta sepeda motor di Desa Jambuwok, Kecamatan Trowulan dan Jalan RA Basuni,Sooko, Minggu (7/11/2021) dini hari.

IM.com – Kepolisian kembali membubarkan aksi balapan liar di dua lokasi yakni,  Jalan Raya RA Basuni Kecamatan Sooko dan Desa Jambuwok, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Minggu (7/11/2021) dini hari. Seratus lebih pemuda dan 62 sepeda motor diamankan dalam razia ini.

Para pebalap liar rupanya tak jera dengan penindakan yang telah dilakukan aparat penegak hukum yang digelar di lokasi yang sama, pekan lalu. Memang, Jalan Raya RA. Basuni Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto menjadi tempat favorit para pemuda melakukan aksi balapan liar dan nongkrong saat malam Minggu. (Baca: Bubarkan Balap Liar di Sooko, Polres Mojokerto Amankan 74 Motor).

Dalam kegiatan tersebut, petugas mengamankan sebanyak enam puluh sepeda motor. Sementara sebanyak 103 pemuda yang terjaring razia diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing usai membuat surat pernyataan.

”Kendaraan bermotor diamankan ke Kantor Polres Mojokerto. Sedangkan para pengendaranya dilakukan penilangan oleh Sat Lantas Polres Mojokerto, dilakukan pembinaan dan membuat surat pernyataan tidak melakukan balap liar lagi,” kata Kasubag Humas Polres Mojokerto Iptu Tri Hidayati.


Polres Mojokerto bersama Polsek Trowulan dan Polsek Sooko melakukan kegiatan cipta kondisi Pemeliharaan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) dalam bentuk razia balap liar di jalan Desa Jambuwok Kecamatan Trowulan, dan sampai dengan selesai.

Kapolres Mojokerto AKBP Apip Ginanjar melalui mengatakan, balap liar ditertibkan lantaran mengganggu arus lalu lintas dan meresahkan masyarakat.

”Kegiatan tersebut dilakukan dalam upaya menindaklanjuti informasi dari media sosial bahwa pada pagi ini, Minggu 7 November 2021, akan dilakukan balap liar di lokasi Desa Lengkong Kecamatan Trowulan dan di Jalan RA Basuni tepatnya di depan dealer Mitsubishi,” kata Iptu Tri Hidayati, Minggu ( 7/11).

Kabag Ops Polres Mojokerto Kompol Yulie Khrisna mengatakan, puluhan kendaraan roda dua yang diamankan kebanyakan sudah dimodifikasi atau tidak sesuai standar pabrikan. Lanjut Yulie, ratusan pemuda yang terlibat dan berada di lokasi area balap liar ikut dibawa ke Mapolres Mojokerto.

“Pengendara beserta kendaraan R2 diamankan ke Mapolres Mojokerto menggunakan kendaraan Truk,” tandasnya.

Yulie menjelaskan, keberhasilan operasi Kegiatan Cipta Kondisi Harkamtibmas ini berhasil berkat kesigapan puluhan personel anggota jajaran Polres Mojokerto dari Polsek Trowulan dan Sooko yang dikerahkan ke lokasi. Pihaknya juga menerjunkan intel (anggota berpakaian preman) di gang-gang kecil untuk mencegah para pemuda di tempat balap liar kabur.

“Kita tetap jaga keselamatan jangan sampai membahayakan dalam penindakannya. Tidak ada tindakan arogan,” ucapnya. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here