Muhammad Albarraa atau Gus Barra (kiri) setelah terpilih sebagai Ketua PC GP Ansor Kabupaten Mojokerto pada Konfercab ke-XVII, Minggu (12/12/2021).

IM.com – Wakil Bupati Mojokerto Muhammad Albarraa berkomitmen akan bekerjasama dengan berbagaipihak, khususnya pemerintah kabupaten untuk mengembangkan potensi pemuda Bumi Majapahit. Komitmen ini menguat setelah ia terpilih sebagai Ketua Pengurus Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Mojokerto 2021-2025.

Muhammad Albarra mengatakan, dirinya akan konsisten memimpin PC GP Ansor Kabupaten Mojokerto dalam gerakan kepemudaan Nahdlatul Ulama. Terutama memelihara nilai–nilai Ahlus Sunnah Wal Jamaah.

“Kita GP Ansor “Mengawal Kyai dan ikut menjaga keutuhan NKRI,” kata Gus Barra, demikian wabup Mojokerto itu akrab disapa usai terpilih sebagai Ketua PC GP Ansor pada Konfercab ke–XVII di Wisma PCNU Kabupaten Mojokerto, Jalan RA.Basoeni No.09 Mojokerto. Minggu (12/12/2021) malam.

Langkah pertama yang akan dilakukan Gus Barra adalah melakukan asessment data keanggotaan PC GP Ansor. Validasi ini untuk memastikan jumlah anggota akurat dan memudahkan pihaknya dalam upaya bersinergi dengan institusi lain.


“Saya akan meniru aplikasi pengolahan data yang dimiliki oleh GP.Ansor Banyuwangi,” ujar alumnus Universitas Al Azhar Mesir ini.

Selanjutnya, Gus Barra menegaskan, akan melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan dan memberdayakan potensi pemuda Mojokerto melalui wadah GP Ansor ini. Salah satu caranya adalah dengan memberikan pelatihan dan pembinaan bekerjasama dengan Pemkab Mojokerto dan lembaga-lembaga lain.

“Sinergitas dengan Pemda akan kami lakukan melalui pelatihan, pembinaan untuk mengembangkan potensi anggota GP Ansor dan para pemuda di Kabupaten Mojokerto pada umumnya,” terangnya.

Sebagai informasi, Muhammad Albarra atau akrab disapa Gus Barra terpilih sebagai Ketua PC GP Ansor Kabupaten Mojokerto 2021-2025 setelah mengandaskan 3 kandidat lain pada Konfercab ke-XVII, Minggu (12/12/2021). Putra KH Asep Saifuddin Chalim, pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Umah, Pacet, itu berhasil meraup 96 suara dari 18 PAC dan 314 ranting pemilik suara.

Sementara tiga kandidat pesaingnya, yakni incumbent M. Ali Nasikh (Gus Ali) memperoleh 1 suara, Muhammad Mahbubullah (Gus Mahbub) meraih 60 suara dan Samsul Ma’arif mendapat 9 suara. “Kemenangan ini merupakan kemenangan bersama, kita akan membesarkan GP Ansor secara bersama–sama, “ ucapnya.

Adapun satu calon lainya yakni Syukron Fahmi (Gus Fahmi) menundurkan diri dari pencalonan sebelum pemilihan digelar. Padahal putra KH Chusain Ilyas, Kyai kharismatik pengasuh Ponpes Salafiyah Al Mishbar, Sooko, Mojokerto itu, sebelumnya digadang-gadang bakal menjadi pesaing kuat Gus Barra. (Baca: Bursa Ketua GP Ansor Kabupaten Mojokerto, Gus Barra dan Gus Fahmi Bakal Bersaing Ketat).

”Gus Fahmi mengundurkan diri saat tahap pembacaan visi–misi calon ketua PC GP Ansor,“ ucap pantia Konfercab, Thoyib. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here